Author Guidelines
Penulis yang ingin mengirimkan Artikel ke Jurnal Cipulus Edu harus mengikuti petunjuk sebagai berikut:
Artikel yang disubmit ke Jurnal Cipulus Edu merupakan hasil penelitian di bidang yang berkaitan dengan isu-isu pendidikan Islam (Fokus dan Cakupan), dengan batasan tebal minimal 10 halaman dan ditulis dalam kerta A4 (Margin 2,2,2,2). Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
Naskah yang sudah siap Publish bisa diserahkan melalui Online Submission System menggunakan Open Journal System (OJS) pada portal Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam: https://journal.albadar.ac.id/index.php/JPICIPULUS/user/register
Judul |
Judul artikel tidak boleh lebih dari 14 kata. Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan style tulisan Book Antiqua, ukuran huruf 14 point. |
Nama Penulis |
Bagian Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama, alamat lembaga asal, dan alamat e-mail, ditempatkan di bawah judul artikel. Dengan style tulisan Book Antiqua, ukuran huruf 11 point. |
Abstrak |
Bagian Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak maksimum 250 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata. Abstrak berisi latar belakang penelitian, tujuan, metode, hasil penelitian, dan kesimpulan (Abstrak versi bahasa Inggris ditulis dengan cetak miring, 1 spasi). |
Pendahuluan |
Bagian PENDAHULUAN (INTRODUCTION) berisi latar belakang, konteks penelitian, kajian pustaka, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk esai. |
Metode |
Bagian METODE (METHOD) berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data (populasi, sampel, partisipan), teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan oleh peneliti. |
Hasil dan pembahasan |
Bagian HASIL DAN PEMBAHASAN (FINDINGS AND DISCUSSION) berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis. |
Kesimpulan |
Bagian KESIMPULAN (CONCLUSION) berisi simpulan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Kesimpulan disajikan dalam bentuk paragraf secara ringkas. |
Daftar Pustaka |
Bagian DAFTAR PUSTAKA (REFERENCES) hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar pustaka. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). |
Contoh Penulisan Daftar Pustaka/Referensi
BUKU:
Brown, H.D. (2017). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. White Plains: Pearson Education
Kunandar. (2007). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
ARTIKEL JURNAL:
Stevens, Izzie. (2008). Surgery for Trauma Patients. Surgeon Profession Journal, 3(1), 48- 55.
Kusmayanti, Indah. (2020). Permasalahan Dalam Menulis Novel Horor Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Bandung. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(1), 28-40.