https://journal.albadar.ac.id/index.php/JPIcipulus/issue/feed Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam 2024-06-18T07:12:24+00:00 Dasep Bayu Ahyar [email protected] Open Journal Systems <p>Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Jurnal ini fokus pada kajian Pendidikan Islam. Kami Mengajak para ilmuwan, cendekiawan, peneliti, dan profesional di bidang Pendidikan Islam untuk berbagi pengetahuan, gagasan, dan temuan-temuan terkini. Jurnal ini dipublikasikan secara berkala dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. <strong>E-ISSN Number</strong>: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230821551418544" target="_blank" rel="noopener">3025-2040</a>, <strong>P-ISSN Number</strong>: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20231205311140607" target="_blank" rel="noopener">3031-5263</a></p> https://journal.albadar.ac.id/index.php/JPIcipulus/article/view/146 CRITICAL REVIEW KURIKULUM NASIONAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X SEMESTER II MADRASAH ALIYAH DENGAN ANALISA TAKSONOMI PENDIDIKAN 2024-04-20T04:14:41+00:00 Zaenur Rofiq [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kritis terhadap Kurikulum Nasional pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk kelas X semester II di Madrasah Aliyah. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan kurikulum yang berkaitan dengan taksonomi pendidikan. Taksonomi pendidikan digunakan sebagai alat evaluasi untuk menilai sejauh mana kurikulum dapat mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Metode penelitian ini melibatkan analisis dokumen, wawancara dengan para pengajar, dan observasi terhadap proses pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan siswa, pengembangan keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta relevansi materi dengan perkembangan kontemporer. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam tentang keefektifan Kurikulum Nasional pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di tingkat Madrasah Aliyah. Implikasi dari temuan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk perbaikan dan pengembangan kurikulum, sehingga dapat lebih responsif terhadap tuntutan perkembangan pendidikan dan kebutuhan siswa.</p> 2024-06-06T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 https://journal.albadar.ac.id/index.php/JPIcipulus/article/view/147 DIMENSI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN) PERSPEKTIF AL-QURAN 2024-05-04T04:46:44+00:00 Cecep Anwar [email protected] Diva Nur Wulandari [email protected] <p>Perencanaan dan pengorganisasian adalah dua fungsi manajemen yang penting dalam menjalankan berbagai kegiatan dalam lingkup perusahaan atau organisasi. Fungsi perencanaan adalah manajemen berfungsi untuk menyusun rencana dan strategi untuk mencapai tujuan organisasi Perencanaan harus mempertimbangkan kebutuhan fleksibilitas agar mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi baru secepat mungkin. Fungsi pengorganisasian adalah proses untuk merancang struktur formal, mengelompokan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar jiwa pengorganisasi dapat dicapai dengan efisien. Tujuan perencanaan dan pengorganisasian pendidikan adalah untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dengan cara yang efektif dan efisien. Ayat al-Qur'an perencanaan dan pengorganisasian yaitu al-Hasyr ayat 18, al-Anfal ayat 60, al-Baqarah: 286, dan al-An'am ayat 135. Kesimpulannya terdapat keterkaitan antara perencanaan dan pengorganisasian dan juga pembahasan mengenai ayat-ayat al-Qur'an yang terdapat sebuah keterhubungan antara teori keorganisasian dan juga tuntunan-tuntunan yang Allah berikan.</p> 2024-05-04T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 https://journal.albadar.ac.id/index.php/JPIcipulus/article/view/152 PELAKSANAAN REKRUTMEN CALON TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMP IT ALFASSALAM CIANJUR 2024-05-18T03:02:42+00:00 Pepen Supendi [email protected] Anisa Siti Hodijah [email protected] Atep Ruzhan Nur Alam [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan rekrutmen di SMP IT Alfassalam Cianjur. Rekrutmen&nbsp; adalah&nbsp; proses&nbsp; untuk&nbsp; mendapatkan&nbsp; sejumlah&nbsp; sumber&nbsp; daya manusia&nbsp; yang&nbsp; berkualitas&nbsp; untuk menduduki&nbsp; suatu&nbsp; jabatan&nbsp; atau&nbsp; pekerjaan.&nbsp; Pelaksanaan rekrutmen yang profesional dan proporsional akan menghasilkan masukan tenaga pendidik yang berkualitas. Untuk mengkaji pelaksaaan rekrutmen di SMP IT Alfassalam Cianjur, menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis,lisan dan&nbsp;&nbsp; kegiatan&nbsp;&nbsp; dari&nbsp;&nbsp; orang-orang&nbsp;&nbsp; yang&nbsp;&nbsp; diamati.&nbsp;&nbsp; Untuk&nbsp;&nbsp; mengumpulkan&nbsp;&nbsp; data menggunakan teknik wawancara, teknik observasi,&nbsp; dan teknik dokumentasi. Prosedur analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Alfassalam Ciranjang Cianjur sudah menerapkan strategi umum dalam perekrutan SDM untuk memenuhi kebutuhan tenaga yang diperlukan di sebuah organisasi, selain itu metode rekrutmen yang digunakan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Alfassalam Cianjur adalah metode internal dan metode eksternal.</p> 2024-06-06T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 https://journal.albadar.ac.id/index.php/JPIcipulus/article/view/153 IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH MANARULHUDA CIANJUR 2024-05-18T03:16:13+00:00 Hasna Afifah [email protected] Mulyawan Safwandy Nugraha [email protected] <p>Pembiayaan pendidikan hal yang sangat diperhitungkan ketika melaksanakan suatu program pendidikan, program tidak akan berjalan apabila dana yang dibutuhkan tidak ada atau bahkan salah dalam pengalokasian dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur manajemen pembiayaan di suatu lembaga madrasah tsanawiyah Manarulhuda Cianjur. Setiap perhitungan manajemen tidak terlepas dari yang namanya perencanaan yang baik agar terlaksananya program yang baik pula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif maka dapat menjelaskan secara rinci mengenai implementasi manajemen yang dilaksanakan di MTs Manarulhuda, sumber data yang didapatkan berasal dari wawancara, observasi, serta data yang dianalisa. Hasil yang didapatkan Madrasah Tsanawiyah menggunakan dua sumber dana yang pertama dari pemerintah, dan yang kedua infak dari orangtua siswa. Sumber dana juga dialokasikan melalui beberapa tahap dari mulai perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi program untuk menilai pengalokasian dana sudah tepat atau sesuai dengan tujuan Pendidikan lembaga. Sumber dana dari pemerintah dipergunakan untuk operasional sekolah, sedangkan dana infak dari orangtua siswa dipergunakan untuk Pembangunan, dan juga kegiatan yang melibatkan siswa.</p> 2024-06-06T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 https://journal.albadar.ac.id/index.php/JPIcipulus/article/view/196 STRATEGI GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MURAJA’AH HAFALAN AL-QUR’AN (Studi Kasus kelas XII SMA Qur’an Al-Ihsan Boarding School Jakarta Selatan) 2024-06-16T09:27:08+00:00 Amriah Fauziah [email protected] Ahmad Dimyati Badruzzaman [email protected] Fajar Syarif [email protected] <p>Guru merupakan ujung tombak dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran yang berkualitas. Berhasil atau tidaknya dalam mencapai tujuan pembelajaran tidak lain adalah adanya peran guru&nbsp; yang harus senantiasa maksimal dalam membimbing para siswa. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara mendalam&nbsp; mengenai berbagai strategi dan upaya guru tahfiz di SMA Qur’an Al-Ihsan dalam memberikan motivasi muraja’ah hafalan Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus <em>(Case Studi)</em> dengan fokus mendeskripsikan ‘Strategi dan upaya guru tahfiz dalam meningkatkan Motivasi muraja’ah hafalan. Sumber data primer yaitu wawancara guru tahfiz, para santri, kepala sekolah dan litbang yayasan. Sedangkan sumber data sekunder yaitu jurnal, artikel dan buku-buku yang relevan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Dalam proses pelaksanaan pembelajaran tahfiz di SMA Qur’an Al-Ihsan, strategi pembelajaran yang digunakan guru tahfiz untuk meningkatkan pencapaian mutqin hafalan kelas XII adalah dengan menggunakan strategi dhabit, dan memberikan reward terhadap siswa kelas XII yang mencapai target mutqin hafalan, selain untuk membantu memaksimalkan strategi yang diterapkan guru Tahfiz SMA Qur’an Al-Ihsan didalam menumbuhkan semangat siswa kelas XII dalam muraja’ah hafalan dengan cara: <em>Pertama,</em> memberikan motivasi terhadap siswa disetiap hari sebelum kegiatan pembelajaran Tahfiz dihalaqahnya masing-masing; <em>Kedua,</em> mengevaluasi pencapaian hafalan di depan siswa. Evaluasi ini dilaksankan guna mengetahui pencapaian masing-masing siswa setiap harinya; <em>Ketiga,</em> membersamai mereka saat menyetorkan hafalan, sehingga hasil daripada berbagai strategi yang diterapkan siswa yang mampu mencapai target mutqin hafalan sebanyak 12 Juz hanya mencapai 40 %, tentu saja ini masih banyak siswa kelas XII yang belum mampu memutqin hafalan sebagaimana yang telah di tetapkan sekolah dengan berbagai hambatan yang ada didalam&nbsp; siswa/i itu sendiri.</p> 2024-06-06T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 https://journal.albadar.ac.id/index.php/JPIcipulus/article/view/154 PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI BULLYING PADA REMAJA: STUDI KASUS DI SMPIT LUQMANUL HAKIM BANDUNG 2024-05-18T03:27:42+00:00 Nurdin Nugraha [email protected] Vina Dwi Pratiwi [email protected] Suyono [email protected] Tarsono [email protected] <p>Pendidikan karakter merupakan suatu sistem pendidikan yang tidak hanya bergantung pada proses belajar mengajar di dalam sekolah, tetapi juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial sekitarnya. Lingkungan sosial sekolah, termasuk keluarga, teman sebaya, masyarakat, dan media, memiliki peran penting dalam membentuk jiwa, pemahaman dan praktik keagamaan bagi individu. Karya ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan karakter dalam mengatasi bullying pada remaja di SMPIT Lukmanul Hakim Bandung dengan mempertimbangkan faktor penentu yang memengaruhinya serta implikasi yang timbul dari pengaruh tersebut. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan secara utuh dan mendalam terkait realita sosial dari berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat sebagai subjek penelitian sehingga tergambarkan karakter, sifat dan model dari fenomena tersebut.. Hasil penelitian pendidikan karakter pada remaja yang dilakukan di sekolah menengah melalui beberapa hal yakni pengintegrasian nilai-nilai karakter pada proses KBM, melalui kegiatan-kegiatan mengembangkan skill siswa, seperti; kegiatan ekstrakurikuler, porseni, muhadharah, mabit, mukhoyam, dan melalui budaya sekolah. Penanganan bullying pada remaja diharapkan guru dan pihak sekolah dapat melakukan manajemen sekolah yang lebih baik lagi serta dukungan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan Adanya pengawasan pada anak remaja secara intensif baik di waktu pembelajaran (kelas) diluar jam pembelajaran (lingkungan sekolah dan masyarakat) dan pemberian bekal karakter yang kuat terhadap korban bullying agar mereka bisa lebih membela dirinya sendiri.</p> 2024-06-06T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 https://journal.albadar.ac.id/index.php/JPIcipulus/article/view/179 SINERGI GURU DAN ORANG TUA DALAM PENANGANAN KASUS ANAK HIPERAKTIF DENGAN TEORI BEHAVIORISTIK: STUDI KASUS DI SD NEGERI CIPONDOH 1 KOTA TANGERANG 2024-06-06T08:09:33+00:00 Shania Ayu Bestira [email protected] Syarif Hidayatullah [email protected] Zaenal Mutaqqin [email protected] Tarsono [email protected] <p>Guru dan Orang tua memiliki peran yang kuat dalam perkembangan serta pertumbuhan anak. Perkembangan belajar anak dapat dilihat di sekolah, sedangkan perkembangan perilaku anak tidak hanya dapat dilihat di sekolahnya, namun juga keseluruhan perilakunya dirumah. Proses belajar peserta didik tidak selalu mudah, banyak ditemukan kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapi, salah satunya perilaku Anak Hipraktif (ADHD). Ditemukan kasus anak Hiperaktif di SD Negeri Cipondoh 1 yang tergolong cukup berat karena telah mengganggu proses belajar dan lingkungan belajarnya, langkah awal yang dapat dilakukan bagi pihak sekolah dan orang tua adalah bimbingan dan konseling, kemudian dari komunikasi antara guru dengan anak dan guru dengan orang tua dapat ditentukan untuk upaya penanganan berikutnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penanganan kasus A dan teori konseling yang diterapkan untuk dapat menjadi pelajaran dan ilmu bagi yang mengalami kasus serupa, juga untuk mengungkap keberhasilan kerjasama orang tua, guru, juga terapis dalam penanganan kasus anak hiperaktif dengan teori behavoristik. Penelitian ini menggunakan pendekatan <em>case study </em>atau studi kasus di sekolah. Penelitian ini menyimpulkan dalam kasus A, orang tua A memilih jalan untuk ke terapis professional kemudian diterapkan Pendekatan Behavoristik. Hasil dan pembahasan penelitian ini meunjukan bahwa Terapi ini tidak akan berjalan mulus jika tidak ada sinergi kuat antara guru dan orang tua, karena untuk dapat melihat perubahan perilaku A dibutuhkan pembiasaan dalam kesehariannya, baik di rumah atau di sekolah.</p> 2024-06-06T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 https://journal.albadar.ac.id/index.php/JPIcipulus/article/view/180 PENERAPAN STRATEGI EFEKTIF DALAM PENYUSUNAN VISI MISI DAN TUJUAN UNTUK MEMBANGUN KEUNGGULAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM 2024-06-06T08:40:28+00:00 Amanah Amnun Zulfa [email protected] Mulyawan Safwandy Nugraha [email protected] <p>Pendidikan islam adalah intrumen penting yang berperan untuk mewujudkan tugas manusia sebagai pemimpin di bumi dan pengabdian kepada Allah. Dalam mewujudkan capaian tersebut, maka perumusan visi, misi dan tujuan pendidikan islam diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana strategi efektif menyusun visi dan misi dalam lembaga pendidikan islam serta pengaruhnya terhadap peningkatan lembaga yang unggul. Metode yang digunakan adalah studi pustaka atau pengkajian data penelitian melalui literatur seperti buku, jurnal dan hasil penelitian terdahulu. Sumber data didapatkan dari artikel dan buku yang berkaitan dengan tema penelitian, yang kemudian dianalisis dna ditarik menjadi sebuah kesimpulan persoalan penelitian. Setidaknya ada 5 hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan visi, yakni: harus berupa tujuan yang ingin dicapai, menekankan pada kualitas pendidikan, melibatkan banyak pihak berkepentingan, memiliki jangkaun waktu yang terukur serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Sedangkan dalam penyusunan misi, harus memperhatikan: upaya menanam dan menumbuhkan sikap keagamaan islam, meningkatkan semangat mempelajari ilmu agama islam, pembelajaran yang aktif dan efektif, meningkatkan semangat daya saing yang sehat, dan mengembangkan sikap peduli lingkungan serta keterampilan dalam menjalani aktivitas kehidupan. hal ini akan berbanding senada dengan kualitas dan mutu lembaga pendidikan juga kualitas lulusan yang unggul dalam berbagai bidang yang dilandaskan padan iman dan taqwa.</p> 2024-06-06T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024