https://journal.albadar.ac.id/index.php/JPIcipulus/issue/feed Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam 2025-05-29T12:52:18+00:00 Dasep Bayu Ahyar cip.edu.journal@albadar.ac.id Open Journal Systems <table class="data" width="100%"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Original Title</td> <td><strong> :</strong></td> <td width="80%"><strong> Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Short Title</td> <td><strong> :</strong></td> <td width="80%"> Cipulus Edu</td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td><strong> :</strong></td> <td width="80%"><strong> 2 issues per year (June and December)</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Number of Articles Per Issue</td> <td><strong> :</strong></td> <td width="80%">15 research and review articles per issue</td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">ISSN</td> <td><strong> :</strong></td> <td width="80%"> E-ISSN: <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230821551418544" target="_blank" rel="noopener">3025-2040</a></strong> (online) P-ISSN: <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20231205311140607" target="_blank" rel="noopener">3031-5263</a></strong> (print)</td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">SK SINTA</td> <td><strong> :</strong></td> <td width="80%"><strong> -</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td><strong> :</strong></td> <td width="80%"> -</td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-Chief</td> <td><strong> :</strong></td> <td width="80%"><strong> <a href="https://scholar.google.com/citations?user=2dF8yEIAAAAJ&amp;hl=id&amp;oi=ao" target="_blank" rel="noopener">Ujang Miftahudin</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Managing Editor</td> <td><strong> :</strong></td> <td width="80%"><strong> <a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=gQ-aUMAAAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener">Dasep Bayu Ahyar</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td><strong> :</strong></td> <td width="80%"> <p><strong> Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Badar Cipulus Purwakarta</strong></p> </td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Language</td> <td><strong> :</strong></td> <td width="80%"> Indonesian and English </td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Citation Analysis and Indexed</td> <td><strong> :</strong></td> <td width="80%"><strong> <a href="https://scholar.google.com/citations?user=guAxY-EAAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a>, <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/37146" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Subject Area; Category</td> <td><strong> :</strong></td> <td width="80%">Islamic Education, Islamic Religious Education, Islamic Education Management</td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Associate Member</td> <td><strong> :</strong></td> <td width="80%">-</td> </tr> </tbody> </table> https://journal.albadar.ac.id/index.php/JPIcipulus/article/view/355 Peran Pendidik dalam Membangun Karakter Nasionalis Murid SD/MI 2025-05-28T13:32:07+00:00 Nasywa Qorriayna La’aly nasywaqorri@gmail.com Nurul Mahruzah Yulia mahruzah@gmail.com Erly Sintia Putri erlywae9@gmail.com Halimatu Lutfiyah ima221687@gmal.com Siti Dwi Safitri Wulandari sitidwisafitriwulan@gmail.com <p>Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang peran pendidik dalam membangun karakter nasionalis murid SD/MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan, atau biasa disebut dengan <em>literature review </em>yang didasarkan oleh buku-buku, hasil penelitian, jurnal, dan artikel yang terkait dengan evaluasi pendidikan dan pembelajaran. Pencarian di <em>database </em>dilakukan mulai dari bulan Mei 2025. Hal itu bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pembaca mengenai pengertian karakter yaitu sifat moral melekat dalam diri, sedangkan nasionalis adalah sikap cinta bangsa dan perjuangan bersama mencapai kemajuan dan persatuan, Pendidikan karakter menanamkan nilai Pancasila, guru berperan penting sebagai teladan, motivator, fasilitator, evaluator, dan pembimbing dalam membentuk karakter siswa. Penanaman karakter nasionalisme dilakukan melalui integrasi pelajaran, teladan guru, kegiatan ekstrakurikuler, upacara bendera, dan lingkungan sekolah berbasis budaya nasional yang menumbuhkan cinta tanah air dan persatuan. Guru juga berperan penting menanamkan nasionalisme melalui kompetensi kognitif, sikap, dan kinerja. Tantangan meliputi waktu, kemampuan, globalisasi, dan evaluasi. Faktor pendukung berupa dukungan lingkungan dan fasilitas, sementara hambatan mencakup pemahaman siswa, keterlibatan, dan keterbatasan teknologi.. Semoga tulisan ini dapat dijadikan sebagai penambah wawasan pembaca dan pendidik maupun calon pendidik.</p> 2021-06-05T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam https://journal.albadar.ac.id/index.php/JPIcipulus/article/view/356 Landasan dan Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam 2025-05-29T12:52:18+00:00 Muhamad Luqman Nuryana muhamadluqman96@gmail.com Mulyawan Safwandy Nugraha mulyawan@uinsgd.ac.id <p>Pendidikan merupakan usaha panjang yang dilakukan oleh seorang pendidik terhadap para siswanya. Oleh karena itu, pendidikan memerlukan dasar yang kokoh dan prinsip-prinsip yang kuat untuk memperkuat dasar tersebut. Lembaga pendidikan berperan dalam Membentuk dan memberdayakan individu di tengah masyarakat, terutama dalam konteks pendidikan Islam, adalah tujuan utama. Pendidikan Islam memiliki fokus untuk mendidik umat Islam agar dapat mengamalkan agama sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Agama menjadi pondasi untuk membentuk masyarakat yang sejahtera di dunia dan meraih keberhasilan di akhirat, dengan prinsip-prinsip yang memperkuat dasar tersebut. Proses pendidikan memerlukan perencanaan yang efisien guna mendukung perjalanan pendidikan di masa mendatang.. Perencanaan juga harus didasari oleh landasan yang kokoh dan diperkuat oleh prinsip-prinsip yang memperkuat landasan tersebut. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah menjelajahi landasan dan prinsip-prinsip utama yang mendasari perencanaan pendidikan Islam dengan menggunakan metode studi pustaka (library research). Prinsip perencanaan pendidikan yang komprehensif dan kolaborasi yang erat di antara semua elemen pendidikan akan membantu menyederhanakan proses pendidikan hingga di masa depan, dengan tujuan menjadikan masyarakat Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.</p> 2025-05-29T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam