Pengelolaan, Pendelegasian, dan Pengawasan Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 4 Garut

Penulis

  • moh rifqi UIN Sunan Gunung Djati
  • Ara Hidayat UIN Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

pengelolaan, pengawasan, pendelegasian

Abstrak

Kepemimpinan pendidikan merupakan kemampuan seorang kepala satuan pendidikan untuk memimpin,mengerakkan, melakukan organisasi,atau mempengaruhi para anggotanya dan segala sumber daya yang ada disatuan pendidikan tersebut sehingga dapat didayagunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif didasarkan pada rumusan penelitian yang menuntut peneliti melakukan eksplorasi dalam rangka memahami dan menjelaskan masalah yang diteliti melalui hubungan yang intensif dengan sumber data. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data deskripsi mengenai perilaku subyek yang diteliti, baik persepsi maupun pendapatnya serta aspekaspek lain yang relevan yang diperoleh melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi.. Setiap 3 bulan sekolah melakukan rapat orang tua untuk mengevaluasi seluruh proses pembelajaran di sekolah MAN 4 Garut. Dan 1 bulan sekali melakukan rapat guru dan tenaga pendidikan untuk mengevaluasi kinerja dll. Artinya bahwa sekolah MAN 4 Garut pada dasarnya telah termeneg dengan baik dari mulai pengelolaan (Management), pendelegasian (delegation), serta pengawasan (controling). Meskipun ada beberapa kendala dalam melakukannya, namun kepala sekolah terus berusaha melakukan yang terbaik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, Zaenal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Becket, N. & Brookes, M. (2008). Quality Management Practice in Higher Education – What Quality Are We Actually Enhancing? Dimuat dalam Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, Vol. 7, No. 1, hal. 40 – 54

Bush, T. (2007). Educational Leadership and Management: Theory, Policy, and Practice, dimuat dalam South African Journal of Education, Vol. 27 (3), hal 391–406.

Fardiana, A., Anwar, R. H. K., Miftahudin, U., Sugandi, M., Jamil, Z. L., & Saefumillah, S. (2024). Manajemen Madrasah Di Yayasan Anwariyah Sukajaga. Burangrang: Jurnal Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), 2(1), 1-10.

Fattah, Nanang. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Gibson, et al., organizations thirteenth edition. Singapore: Mc Graw – Hill International Edition, 2009. Gibson, L. James, et al., Organisasi Edisi 8, terjemahan Nunuk Adriani. Jakarta: Binarupa

Griffin, Ricky W., Gregory Moorhead, Organizational Behavior, Eighth Edition. Boston:Houghton Mifflin Company, 2007

Harris, A. & Spillane J. (2008). Distributed Leadership through the Looking Glass. Dimuat dalam Management in Education 2008, Vol. 22, No. 1, hal 31-34.

Hasibuan, Malayu, S.P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Miftahudin, U., Erihadiana, M., Jahari, J., & Syaf, S. (2023). ANALISIS SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU (SMA IT) DAARUSSALAAM SUKABUMI. Expectation: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 16-26.

Parida, D., AS, E. E., Satriah, L., & Miftahudin, U. (2024). Penerapan Konseling Individu Dengan Komunikasi Terapeutik Islami Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(2), 105-112.

Patimah, T. S., Herliani, H., & Sugandi, M. (2024). MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH (PENELITIAN DI MA YPPA CIPULUS). Expectation: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 13-24.

Sugandi, M., Miftahudin, U., & Yanuar, A. T. (2023). SUKSESI KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MIFTAHULHUDA AL-MUSRI’CIANJUR, JAWA BARAT). Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 28-41.

Usman, Husaini. (2006). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30