Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Sains Qurani Azzakiyyah Cinunuk Kabupaten Bandung

Penulis

  • Kholishotul Amaliyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstrak

Education plays a crucial role in societal development, and financial management holds a central position in enhancing educational quality. This scholarly article investigates the policies and implementation of financial management at MTs Sains Qurani Azzakiyyah in Cinunuk, Bandung Regency, with the aim of improving educational quality. The research method employed a qualitative approach, utilizing interviews and literature reviews to understand the strategic steps taken by the institution. In the context of the research background, the importance of sustainable financing policies as a foundation for improving educational quality is discussed. The study delves into the implementation of these policies, identifies obstacles, and evaluates their impact on the educational quality at MTs Sains Qurani Azzakiyyah. The research findings highlight a close relationship between successful implementation and the involvement of various stakeholders, financial transparency, and strategic adaptation to environmental changes. Additionally, the study provides practical recommendations to enhance financial management policies and implementation for increased effectiveness in improving educational quality. The conclusion of this article is expected to contribute significantly to practical and theoretical understanding in the development of educational financing policies focused on enhancing educational quality, especially in secondary education institutions such as MTs Sains Qurani Azzakiyyah.

Keywords: Policy, Financing, Educational Quality.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

----------------,2005. Manajemen Berbasis Sekolah,Bandung : PT Remaja Rosdakarya

-----------. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

.-----------------,2004. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Abuddin Nata,2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.

Basyiroh, I., Ramdani, C., & Husni, J. (2024). Manajemen Kelembagaan Di RA Hidayatul Islamiyah Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 50-56.

Dedi Supriadi, 2003.Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah, Bandung:PT Remaja Rosda karya.

Departemen Agama 2003.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Depdiknas

Depdiknas.2006. Buku Panduan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan BOS Buku. Jakarta: Depdiknas,

E Mulayasa, Menjadi Kepala Sekolah Professional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fardiana, A., Anwar, R. H. K., Miftahudin, U., Sugandi, M., Jamil, Z. L., & Saefumillah, S. (2024). Manajemen Madrasah Di Yayasan Anwariyah Sukajaga. Burangrang: Jurnal Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), 2(1), 1-10.

Harbangan Siagian,1989. Administrasi Pendidikan, Semarang : Satya Wacana. Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pembiayaan

Miftahudin, U., Erihadiana, M., Jahari, J., & Syaf, S. (2023). ANALISIS SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU (SMA IT) DAARUSSALAAM SUKABUMI. Expectation: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 16-26.

Nanang Fattah,2000. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan,Bandung:PT Remaja Rosdakarya------------,2004.Landasan manajemen pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur Aedi, 2012. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan, Bandung: CV. Pustaka Cendekia Utama.

Parida, D., AS, E. E., Satriah, L., & Miftahudin, U. (2024). Penerapan Konseling Individu Dengan Komunikasi Terapeutik Islami Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(2), 105-112.

Patimah, T. S., Herliani, H., & Sugandi, M. (2024). MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH (PENELITIAN DI MA YPPA CIPULUS). Expectation: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 13-24.

Ramayulis, 2002. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Redaksi Sinar Grafika, 2005. Standar Nasional Pendidikan: PPRI No.19 Tahun 2005, Jakarta: Sinar Grafika.M

Sri Winarsih Hand out, 2000. pelatihan calon kepala sekolah,Direktorat Sekolah Lanjuatan pertama

Sugandi, M., Miftahudin, U., & Yanuar, A. T. (2023). SUKSESI KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MIFTAHULHUDA AL-MUSRI’CIANJUR, JAWA BARAT). Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 28-41.

Syaiful Sagala,2009. Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan, Bandung: CV Alfabeta.

Teras.Mohammad Ali,2007. Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

UU No.48 tahun 2008 Tentang pendanaan Pendidikan.

uwahid Shulhan dan Soim, 2013. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam,Yogyakarta:

Wati, E. S., Zaman, B., & Ramdani, C. (2024). Parents' Perception of Their Role in Character Education for Early Childhood in Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 8(2), 225-234.

Wawancara, Data MTs Sains Qurani Azzakiyyah

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30