Landasan dan Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam
Kata Kunci:
Prinsip; Perencanaan Pendidikan IslamAbstrak
Pendidikan merupakan usaha panjang yang dilakukan oleh seorang pendidik terhadap para siswanya. Oleh karena itu, pendidikan memerlukan dasar yang kokoh dan prinsip-prinsip yang kuat untuk memperkuat dasar tersebut. Lembaga pendidikan berperan dalam Membentuk dan memberdayakan individu di tengah masyarakat, terutama dalam konteks pendidikan Islam, adalah tujuan utama. Pendidikan Islam memiliki fokus untuk mendidik umat Islam agar dapat mengamalkan agama sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Agama menjadi pondasi untuk membentuk masyarakat yang sejahtera di dunia dan meraih keberhasilan di akhirat, dengan prinsip-prinsip yang memperkuat dasar tersebut. Proses pendidikan memerlukan perencanaan yang efisien guna mendukung perjalanan pendidikan di masa mendatang.. Perencanaan juga harus didasari oleh landasan yang kokoh dan diperkuat oleh prinsip-prinsip yang memperkuat landasan tersebut. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah menjelajahi landasan dan prinsip-prinsip utama yang mendasari perencanaan pendidikan Islam dengan menggunakan metode studi pustaka (library research). Prinsip perencanaan pendidikan yang komprehensif dan kolaborasi yang erat di antara semua elemen pendidikan akan membantu menyederhanakan proses pendidikan hingga di masa depan, dengan tujuan menjadikan masyarakat Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Unduhan
Referensi
Artikel:
Arlina, A., Lestari, A., Rambe, A., Elsil, E. A., & Jamilah, J. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1008–1018.
Budiman, S., & Suparjo, S. (2021). Manajemen Strategik Pendidikan Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3).
Dana, M. A. (2020). At-Tarbiyah Sebagai Konsep Pendidikan dalam Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 6(1), 88–104.
Dr. H. Akhmad Ramli, M. P. (2022). PERENCANAAN SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Universitas Islam Negeri Samarinda Kalimantan Timur. https://scholar.google.com/citations?viewop=lis_
Fatimah, F., & Winarti, E. (2022). Integrasi Imtak dan Iptek: Landasan dan Faktor Kunci Sukses Penerapannya dalam Pendidikan Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(2), 149–166.
Hanafi, M. C., Rahmawati, I., Koto, R. Y., & Gusmaneli, G. (2024). MEMAHAMI KONSEP DASAR KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN, 2(1), 117–127.
Haryanti, D. (2021). Pendidikan Islam dalam Keluarga Persepektif Abdullah Nashih Ulwan. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 7(2), 191–208.
Idam Mustofa. (2021). LANDASAN PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Kebijakan Standar Nasional Pendidikan). Journal of Islamic Educational and Manajement, 1(2), 1–10.
Imron, I., Purwanto, P., & Rohmadi, Y. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kinerja Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 350. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2228
Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758–2771.
Kamarasyid, A. (2019). Peranan Kepemimpinan dalam Menerapkan Prinsip-Prinsip Good Governance di Instansi Pemerintahan Daerah. MAWA’IZH: JURNAL DAKWAH DAN PENGEMBANGAN SOSIAL KEMANUSIAAN, 10(2), 326–353. https://doi.org/10.32923/maw.v10i2.738
Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 321–338.
Marwan Syaban. (2018). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Al-Wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama, 12(2). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v12i2.141
Mu’amalah, H. (2020). Analisis Kepemimpinan Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dan Disiplin Kerja Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dewantara, 9(1).
Mudhofar, M. (2019). Peran Filsafat Terhadap Pendidikan Islam Untuk Pembinaan Etika Dalam Persepektif Islam. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 1(1), 81–104.
Nabila. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5). https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.170
Nuraeni, N., & Mujahidin, E. (2021). Landasan dan Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(2), 104. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4596
Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak di masa pandemi covid-19 perspektif pendidikan islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207.
Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(1), 317–329.
Rachman, F. (2021). Moderasi Manajemen Pendidikan Islam. IRCiSoD.
Ramli, R., & Prianto, N. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kecerdasan Emosional. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 14–29.
Ritonga, M. (2018). Politik dan dinamika kebijakan perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia hingga masa Reformasi. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).
Rodiyah, I. (2022). Menakar Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pendidikan Formal. Edukasi: Jurnal Mahasiswa Kependidikan Islam, 1(1), 17–36.
Sahin, A. (2018). Critical issues in islamic education studies: Rethinking islamic and western liberal secular values of education. Religions, 9(11). https://doi.org/10.3390/rel9110335
Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 49–58.
Sitompul, F. A. F., Lubis, M. N., Jannah, N., & Tarigan, M. (2022). Hakikat Dan Tujuan Pendidikan Dalam Islam: Konsep Tarbiyah, Ta’lim, Dan Ta’dib. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5411–5416.
Surya, P., Rofiq, M. H., & Ardianto, A. (2021). Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 31–37.
Buku:
Arifin. (2019). Muhammad. Pengantar Ilmu Pendidikan. Guepedia.
Asmani, J. M. M. (2018). Great Teacher!: Kiat Sukses Menjadi Guru Inspiratif, Inovatif, dan Motivatif. DIVA PRESS.
Azizah, A. N. I., Hidayatulloh, A., & Apriliana, A. R. (2023). ILMU PENDIDIKAN ISLAM (Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia). Penerbit Tahta Media.
Dja’far, A. B., Ali, R., Satir, M., Tahrim, T., Marlena, R., Marli, S., & Tabroni. (2022). Teori Filsafat Pendidikan Islam. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Dr. Rahmat Hidayat, M., & Dr. Abdillah, S. A. M. P. (2019). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah (M. P. A. M. P. Dr. Candra Wijaya, Ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Drs. Syafril, M. Pd., & Drs. Zelhendri Zen, M. Pd. (2017). DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN (Ria, Ed.; Pertama). Kencana.
Hamzah B Uno, & Nina Lamatenggo. (2016). Landasan Pendidikan (Suryani, Ed.). PT Bumi Aksara.
Mahmudah, F. N. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbantuan Software Atlas. ti Versi 8. UAD PRESS.
Minarti, S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif. Amzah.
Rahmi, S. P., Iswantir, M., Hariyadi, S., & Kom, M. (2022). ICT Dan Perkembangan Media Pendidikan Islam. Deepublisher.
Sulhan, M. (2020). Hadis Manajemen Pendidikan (Yazid Saevwa Rabbany & Ziyad Saevwa Rabbany, Eds.; Pertama). YKM Publishing.
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.
Suryadi, R. A. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Deepublish.
Umam, C. (2020). Inovasi Pendidikan Islam: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. CV. Dotplus Publisher.
UU No 20. (2013). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.
Wahyudin, H. U. R., & MM, M. P. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Pendekatan Prinsip Efisiensi, Efektivitas, Transparansi Dan Akuntabilitas). . Deepublish.
Yusuf, A. (2021). Pesantren Multikultural Model Pendidikan Karakter Humanis-Religius Di Pesantren Ngalah Pasuruan-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.