Pendekatan Akhlak Tasawuf Dalam Pendidikan Dasar Untuk Membentuk Karakter Islami

Penulis

  • Nasywa Qorriayna La'aly Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Mirna Wardatun Nisa' Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Muhammad Romadlon Habibullah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Kata Kunci:

Akhlak, pendidikan karakter, Pendidikan Akhlak, Pembentukan Karakter

Abstrak

Tasawuf dimaknai sebagai proses mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan tujuan utama membersihkan hati dan merasakan kedekatan yang sejati dengan-Nya. Dalam ajaran Islam, tasawuf dipandang sebagai disiplin ilmu yang mendorong umat Muslim untuk memperbaiki hubungan spiritual dengan Allah serta memperkuat hubungan sosial dengan sesama makhluk. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pendekatan akhlak tasawuf dapat diterapkan dalam pendidikan dasar untuk membentuk karakter Islami anak-anak di SD/MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan, atau biasa disebut dengan literature review yang didasarkan oleh buku-buku, hasil penelitian, jurnal, dan artikel yang terkait dengan evaluasi pendidikan dan pembelajaran. Pencarian di database dilakukan mulai dari bulan Desember 2024. Hasil dari pembahasan yaitu akhlak tasawuf merupakan perilaku atau budi pekerti seseorang yang merupakan hasil dari proses penyucian jiwa (tazkiyah al-nafs) dan kedekatan dengan Allah (taqarrub ilallah). Adapun pengertian karakter yaitu sikap dan perilaku seseorang yang membuatnya berbeda dari orang lain, baik dalam kehidupan pribadi maupun saat berinteraksi dengan masyarakat. Pendekatan akhlak tasawuf dapat diterapkan melalui pembiasaan dzikir, doa, dan kisah teladan, dan anfaatnya yaitu anak menjadi pribadi sabar, jujur, empati, dan memiliki kesadaran spiritual tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Apologia, M. A. (2023). AKSARA PEGON; SIMBOL KARAKTER NILAI DALAM BUDAYA JAWA. https://journal.unusida.ac.id/index.php/almanar/article/view/876/556

Ardianti, S., Asmalia, A., & Ramadhan, M. N. (2023). Studi Literatur : Meneladani Kisah Nabi Ayyub A.S untuk Kelas VI MI. MASALIQ, Vol. 3 No. 5(5), 809–809. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1377

Aziz, F., Jumari, & Salim, M. N. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Membentuk Karakter Santri Di Era Globalisasi Di Pondok Pesantren Majma’al Bahroin Hubbul Wathon Minal Iman Losari Ploso Jombang. Jurnal El-Islam, Vol. 6 No. 2, 71–87.

Azizah, N., & Jannah, M. (2022). SPIRITUALITAS MASYARAKAT MODERN DALAM TASAWUF BUYA HAMKA. Academic Journal of Islamic Principles and Philosophy, 3(1), 85–108. https://doi.org/10.22515/ajipp.v3i1.5007

Dewi, R. (2021). Konsep Zuhud Pada Ajaran Tasawuf Dalam Kehidupan Santri Pada Pondok Pesantren. MAWA IZH JURNAL DAKWAH DAN PENGEMBANGAN SOSIAL KEMANUSIAAN, 12(2), 122–142. https://doi.org/10.32923/maw.v12i2.1874

Fahmi, A. F., Hartini, H., & Harmi, H. (2023). Karakter Konselor Sekolah : Menerapkan Nilai-Nilai Piil Pesenggiri Dalam Membentuk Karakter Bhinneka Tunggal Ika Pada Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(6), 2383–2394. https://doi.org/10.35931/aq.v16i6.1538

Faiga, N., Pettalongi, A., & Rustina, R. (2024). Pendidikan Karakter Melalui Budaya Tabe yang Mulai Terlupakan di Era Modern. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0, Vol. 3 No. 1. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/issue/archive

Fairus, M., Faruq, A., & Andy, S. (2024). AKHLAK TASAWUF MENURUT SYEKH ABDUL QODIR AL JAILANI. Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah, 2. https://doi.org/10.333/Tashdiq.v1i1.571

Faiz, A., & Purwati. (2022). PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN MORAL DAN KARAKTER. Journal Education and Development, Vol.10 No.2, 315–318. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3671

Fauzi, A. R. N., & Wiwaha, K. S. (2024). Menerapkan Nilai-Nilai Tasawuf dalam Pendidikan untuk Membentuk Karakter Para Pelajar Alfi Restu Nur Fauzi. Jurnal Virtuous, 1, 58–72. https://journal.stai-almujtama.ac.id/index.php/virtuous

Fauziah, R. N., Al Ghazal, S., & Eko Surbiantoro. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Umar Bin Ahmad Baradja dalam Kitab Akhlak Lil Banin Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak Masa Kini. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 631–638. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.4245

Fuadi, M. A., & Ibrahim, R. (2020). Implementasi Tasawuf Syekh Abdul Qadir al-Jailani dalam Majelis Manakib Al Barokah Ponorogo. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(02), 215–228. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i02.576

Hidayati, A. N. (2021). Peran Pendidikan Kepramukaan sebagai Media Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 11–20. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.191

Humaidi, A. (2021). NILAI-NILAI PENDIDIKAN TASAWUF Al-IMAM AL-GHAZALI DAN IMPLEMENTASINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER. https://repository.radenintan.ac.id/16503/1/bab%201%2C2%20dapus.pdf

Izzah, L., & Hanip, M. (2018). Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Pembentukan Akhlak Keseharian Santri Sunan Gunung Jati Gesing Kismantoro Wonogiri Jawa Tengah. Jurnal Literasi, Vol 9 No. 1(1), 63–76. www.ejournal.almaata.ac.id/literasi

Jaenudin, Erik., Fajar, F. F. Al, Nahar, A. S., & Hasanah, A. (2024). Urgensi dan Signifikansi Spiritualitas Dalam Pendidikan Karakter. Action Research Journal Indonesia (ARJI), Vol. 6 No. 2, 110–124. https://journal.nahnuinisiatif.com/index.php/ARJI/article/view/167

Jayadi, T., Thohri, M., Maujud, F., & Safinah. (2024). Manajemen Integrasi Kurikulum Madrasah dengan Kurikulum Pesantren dalam Meningkatkan Moderasi Beragama. Jurnal Manajemen Dan Budaya, Vol. 4 No. 1, 105–119. https://journal.staidk.ac.id/index.php/manajemenbudaya/article/view/640/363

Kamaruddin, I., Utama, F., & Fadilah, L. (2023). Pendidikan Karakter di Sekolah: Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Etika Sosial dan Moral Siswa. Attractive : Innovative Education Journal, 5(3). https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/

La’aly, N. Q., Lestari, N. I., Rosyaida, H., & Suttrisno. (2024). STRATEGI PENDIDIK DALAM MEMBANGUN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN. https://jetli.intischolar.id/index.php/jetli/article/view/6/5

Layyinah, I. N. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Terhadap Penurunan Agresivitas Siswa SMK Palapa Semarang. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9276/1/1404046073.pdf

Lestari, A. (2016). Kiat-Kiat Cerdas Cendekiawan Muslim. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ZixIDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Dengan+terus+mempraktikkan+sifat+tawadhu%E2%80%99+dan+mengingat+bahwa+kita+hanyalah+hamba-Nya+yang+lemah&ots=2XrGLcX0CV&sig=uNajwXhU6z8ya3aVMwgXAlS5kjk&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Mahmud, A. (2019). CIRI DAN KEISTIMEWAAN AKHLAK DALAM ISLAM. Jurnal Wawasan Keislaman, Vol. 13 No. 1, 29–40. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/view/9949

Manurung, S. (2015). PEMIKIRAN IBN MISKAWAIH TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK. https://etd.uinsyahada.ac.id/4710/1/103100200.pdf

Mubin, M., & Furqon, M. A. (2023). Pelaksanaan Program Pembiasaan Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(1), 78–88. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i1.1387

Muthia, D. M. R., Daulay, H. P., & Dahlan, Z. (2021). Konsep Pemikiran Tasawuf Akhlaqi. Jurnal Islam and Contemporary Issues, Vol. 1 No. 2, 28–35. https://www.jurnal.medanresourcecenter.org/index.php/ICI/article/view/88

Neliwati, Bagus, M. S., Sembiring, D. A., & Harahap, S. M. (2024). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMK Tritech Informatika Medan. Jurnal Ilmiah Research Student, Vol.1, No.3, 318–324. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jirs/article/view/591/545

Nurhidayat, M., Kamaruddin, K., & Idhan, M. (2023). KONSEP AKHLAK TASAWWUF DALAM PROSES PENDIDIKAN. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0), Vol. 2 No. 1, 67–70. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/issue/archive

Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. JIPSINDO, 8(1), 29–43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954

Othman, M. S. Bin, Yusuf, A. B., Hosshan, H., & Hashim, A. T. M. (2023). PENGHAYATAN DAKWAH AKHLAK DI KALANGAN PELAJAR SEKOLAH MENENGAH NEGERI PERAK. Internasional Journal of Islam and Contemporary Affairs, Vol 3 No. 1(1), 121–136. www.e-jurnal.yadim.com.my

Purna, T. H., Viamita, C., Universitas, P., Ageng, S., Ratna, T., & Dewi, S. (2023). Pentingnya Karakter Untuk Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Digital. Maret, 2(1), 192–202.

Rahman, H. A. (2021). Hakikat Ilmu Tasawuf. Kaaffah Learning Center. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Njh9EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=manfaat+tasawuf+yang+penting+adalah+mengajarkan+anak+untuk+bersyukur+&ots=ZIVxQYOY4p&sig=lyVqwgrcyenKB0W-mvoAVwzJ6xM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Rahman, H. A. (2022). Tri pusat pendidikan perspektif tasawuf. Kaaffah Learning Center.

Ramadhan, Y. L. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER PERSEPEKTIF THOMAS LICKONA (ANALISIS NILAI RELIGIUS DALAM BUKU EDUCATING FOR CHARACTER). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/62548

Ristanti, O., Suri, A., Choirrudin, C., & Dinanti, L. K. (2020). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Telaah Terhadap UU No. 20 Tahun 2003. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 152. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i2.2826

Rohdyanti, H., Noviasari, T., & Saputri3, H. E. S. (2024). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MI YAPPI BALONG. In Dharmala Of Social Science (Vol. 1, Issue 2). https://ejournal.amadha.ac.id/index.php/DoSS

Romadhoni, M. F., Ma’arif, A. F., & Muttaqin, M. I. (2024). Peran Ajaran Tasawuf Dalam Membentuk Kesadaran Moral Peserta Didik Pondok Pesantren Sabilurrosyad, Gasek, Malang. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol.24 No.03, 233–241. https://doi.org/10.36835/jipi.v24i03.4234

Samad, S. A. A. (2020). PEMBELAJARAN AKHLAK TASAWUF DAN PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI ISLAM. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, Vol. 12, No. 02, 149–162.

Sidiq, H. S. (2024). Akhlak Tasawuf. Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi Negara, Vol. 2 No. 1(1), 88–100. https://doi.org/10.55606/eksekusi.v2i1.818

Sitika, A. J., Afifah, A., Rahmatulloh, B. M., & Chaeriansyah, M. A. (2024). KEDUDUKAN AKHLAK DAN TASAWUF DALAM ISLAM SERTA HUBUNGAN KEDUANYA. Jurnal Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, Vol 8, No 2, 116–124. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/view/14262/9139

Suhaimi, A. (2019). AKTUALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DAN RELEVANSINYA DALAM KEHIDUPAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH PURBARU KABUPATEN MANDAILING NATAL. http://repository.uinsu.ac.id/8091/1/TESIS%20%20pdf.pdf

Sukring. (2016). Pendidik Dalam Pengembangan Kecerdasan Peserta Didik. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, Vol 1 No. 1, 69–80. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/view/891/764

Susanti, A. (2016). PENANAMAN NILAI-NILAI TASAWUF DALAM PEMBINAAN AKHLAK. Jurnal Pendidikan Islam, 7, 277–297. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1508/1243

Susetiyo, A., & Suttrisno. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtida’iyah Darul Ulum Kediri. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), Vol. 2, No. 2(2), 277–283. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.544

Wahid, A. (2021). PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM KRAMAT ATAS TLANAKAN PAMEKASAN. Journal of Education, Vol. 2 No. 2(2), 138–152.

Wandira, A., Saleh, M., & Fuadi, A. (2023). Konsep Tazkiyat Al-Nafs Al-Ghazali Sebagai Metode Dalam Pendidikan Akhlak. Journal of Islamic Studies, 39–52. https://www.pusdikra-publishing.com/index.php/jelr/article/view/1178/1046

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-18