Dialog Lintas Agama dan Lintas Budaya di Parlemen Inggris Westminster Abbey United Kingdom
Kata Kunci:
Dialog lintas agama, dialog lintas budaya, Parlemen Inggris, Westminster AbbeyAbstrak
Penelitian ini mengeksplorasi peran dan dampak dialog lintas agama dan lintas budaya yang difasilitasi oleh Parlemen Inggris dan Westminster Abbey di Inggris. Dalam konteks meningkatnya keragaman etnis dan agama di Inggris, dialog ini menjadi krusial untuk mempromosikan pemahaman, toleransi, dan kerjasama antar komunitas yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi literatur, wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dialog lintas agama dan lintas budaya di kedua institusi ini berkontribusi positif dalam memperkuat kohesi sosial, mendorong kolaborasi antar komunitas, dan mempengaruhi pembuatan kebijakan yang lebih inklusif. Namun, tantangan seperti perbedaan perspektif, keterwakilan yang tidak merata, dan resistensi dari beberapa kalangan masih harus diatasi. Penelitian ini juga menemukan bahwa dialog ini memiliki dampak jangka panjang dalam membentuk sikap masyarakat yang lebih terbuka dan menghargai perbedaan, serta memperkuat jaringan sosial antar komunitas. Rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas dialog ini meliputi peningkatan representasi, pelatihan mediator, dan evaluasi berkala terhadap inisiatif dialog. Melalui temuan ini, diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya dialog lintas agama dan lintas budaya dalam membangun masyarakat yang inklusif dan harmonis di Inggris.
Unduhan
Referensi
Arifin, J. Z., Ramdani, C., & Khoirunnisa, I. (2023). PEMAHAMAN SANTRI TREHADAP KITAB AKHLAQU LILBANIN BAB ADABUT TILMIDZ MAA USTADZIHI (ADAB ATAU SOPAN SANTUN MURID TERHADAP GURUNYA) HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU MEREKA SEHARI-HARI. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1-7.
Bahrum, M., Ramdani, C., & Samsiah, S. (2023). Strategi Pengembangan Matematika Awal Anak Usia Dini. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1-6.
Basyiroh, I., Ramdani, C., & Husni, J. (2024). Manajemen Kelembagaan Di RA Hidayatul Islamiyah Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 50-56.
Beckford, J. A. (2003). Social Theory and Religion. Cambridge University Press.
Bleich, E. (2009). Muslims and the State in the Post-9/11 West. Routledge.
Cox, B. (2010). Religion in the United Kingdom: Frameworks and Issues. Palgrave Macmillan.
Hussain, A., & Choudhury, Y. (2017). The Impact of Globalization on Muslim Identity in the United Kingdom. Journal of Islamic Studies, 28(3), 377-402.
Küng, H. (1993). Global Responsibility: In Search of a New World Ethic. Crossroad Publishing Company.
Macdonald, D. (2015). Westminster Abbey: A Church in History. Yale University Press.
Miftahudin, U., Erihadiana, M., Jahari, J., & Syaf, S. (2023). ANALISIS SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU (SMA IT) DAARUSSALAAM SUKABUMI. Expectation: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 16-26.
Modood, T. (2007). Multiculturalism: A Civic Idea. Polity Press.
Parekh, B. (2000). Rethinking Multiculturalism: Cultural Diversity and Political Theory. Harvard University Press.
Parida, D., AS, E. E., Satriah, L., & Miftahudin, U. (2024). Penerapan Konseling Individu Dengan Komunikasi Terapeutik Islami Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(2), 105-112.
Ramdani, C., & Zaman, B. (2022, June). Parents’ Perceptions of “Caring Children” During the Covid-19 Pandemic. In 6th International Conference of Early Childhood Education (ICECE-6 2021) (pp. 107-109). Atlantis Press.
Sugandi, M., Miftahudin, U., & Yanuar, A. T. (2023). SUKSESI KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MIFTAHULHUDA AL-MUSRI’CIANJUR, JAWA BARAT). Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 28-41.
Ulumudin, I., Arifin, J. Z., & Bahrum, M. (2024). Pendidikan Agama Anak Usia Dini di Madrasa Islamic Cultural Center Itaewon Seoul Korea Selatan. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 17-22.
Ulumudin, I., Basyiroh, I., & Ramdani, C. (2024). Transforming Islamic Education through IT: Insights from Da'wah Practices in South Korea. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 2(6), 23-30.
Ulumudin, I., Herdiyana, R., & Nurfatimah, N. S. (2023). Pentingnya Strategi Pembelajaran Vocabulary Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 21-26.
Wati, E. S., Zaman, B., & Ramdani, C. (2024). Parents' Perception of Their Role in Character Education for Early Childhood in Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 8(2), 225-234.