Pembiasaan Shalat Dzuhur Secara Berjamaah Membantu Kedisiplinan Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Klari
Kata Kunci:
Pembiasaan, Shalat Berjamaah, Kedisiplinan, BelajarAbstrak
Studi ini dilakukan karena banyak siswa yang tidak menyadari bahwa mereka harus melakukan sholat fardhu dzuhur di sekolah, terutama secara berjamaah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sholat fardhu dzuhur berjamaah memengaruhi kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 2 Klari Kabupaten Karawang. Metode analisis deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sholat dzuhur yang berkelanjutan merupakan upaya sekolah untuk membentuk kebiasaan sholat siswa; dan (2) kebiasaan belajar siswa yang berkelanjutan akan mempengaruhi kebiasaan belajar mereka di sekolah. Studi ini dapat bermanfaat bagi SMA Negeri 2 Klari karena akan memberikan perhatian lebih besar pada cara melaksanakan shalat dzuhur berjamaah.
Unduhan
Referensi
Arifin, J. Z. (2023). Peran Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 27-34.
Arifin, J. Z., & Miftahudin, U. (2023). Pendidikan Karakter Studi Pemikiran Syaikh Umar Bin Achmad Baradja. Solok: PT. Mafy Media Leterasi Indonesia.
Arifin, J. Z., Ramdani, C., & Khoirunnisa, I. (2023). PEMAHAMAN SANTRI TREHADAP KITAB AKHLAQU LILBANIN BAB ADABUT TILMIDZ MAA USTADZIHI (ADAB ATAU SOPAN SANTUN MURID TERHADAP GURUNYA) HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU MEREKA SEHARI-HARI. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1-7.
Azzam, A. A. M. & Hawwas, A. W. S. Fiqh Ibadah, terj. Kamran As’at Irsyady, dkk.
Ahyar, D. B. dkk. (2023). ONLINE LEARNING IN THE COVID-19 PANDEMIC: BETWEEN OBSTACLES AND SOLUTIONS IN SMA QUR’AN AL-IHSAN KEBAGUSAN. 1(1), 1–16.
Bahrum, M., Ramdani, C., & Samsiah, S. (2023). Strategi Pengembangan Matematika Awal Anak Usia Dini. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1-6.
Basyiroh, I., Miftahudin, U., & Latif, A. (2023). PENGARUH PERKEMBANGAN FISIK YANG SEHAT TERHADAP KESUKSESAN AKADEMIK ANAK. Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 42-50.
Basyiroh, I., Ramdani, C., & Husni, J. (2024). Manajemen Kelembagaan Di RA Hidayatul Islamiyah Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 50-56.
Fadh, S. M. & Aziz, S. A. (2011). Sifat Wudhu & Shalat Nabi SAW, Penerjemah: Geis Umar Bawazier. Jakarta: al-Kautsar.
Hasbiyallah. (2013). Fiqh dan Ushul Fiqh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ika, Maspuroh, S., & Milawati, P. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Shalat Dhuha Dalam Peningkatan Disiplin Siswa di SMP Insan Kamil Legok Kabupaten Tangerang. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, IX(02), 177-187.
Jalaludin, R. (2000). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Mansur. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Marwati. (n.d). Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter di Sma Islam Al- Azhar 12 Makassar. http://eprints.unm.ac.id/11650/2/JURNAL%20MARWATI%201463040010.pdf, diakses pada tanggal 07 agustus 2022.
Miftahudin, U., Erihadiana, M., Jahari, J., & Syaf, S. (2023). ANALISIS SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU (SMA IT) DAARUSSALAAM SUKABUMI. Expectation: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 16-26.
Miftahudin, U., Udin, T., Rahmatiani, L., Wijaya, A., Putri, S. S., Novitasari, A. T., ... & Panigoro, M. Ardiansyah, and Paulus Eko Kristianto. (2023). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.
Parida, D., AS, E. E., Satriah, L., & Miftahudin, U. (2024). Penerapan Konseling Individu Dengan Komunikasi Terapeutik Islami Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(2), 105-112.
Ramadani, C., Husni, J., & Ainun, S. (2024). PELATIHAN RAGAM AKTIVITAS MELUKIS YANG MENYENANGKAN BERSAMA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN NURUL HIDAYAH. Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 44-49.
Ramdani, C., & Zaman, B. (2022, June). Parents’ Perceptions of “Caring Children” During the Covid-19 Pandemic. In 6th International Conference of Early Childhood Education (ICECE-6 2021) (pp. 107-109). Atlantis Press.
Satriani, S. (2018). Pembinaan Guru PAI Dalam Membiasakan Siswa Melaksanakan Shalat Berjamaah. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 03(01), 66-78
Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, Dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(2), 166-178.
Sumarsono, P. et al. (2021). Belajar dan Pembelajaran di Era Milenial, Cet I. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Ulumudin, I., Basyiroh, I., & Ramdani, C. (2024). Transforming Islamic Education through IT: Insights from Da'wah Practices in South Korea. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 2(6), 23-30.
Wati, E. S., Zaman, B., & Ramdani, C. (2024). Parents' Perception of Their Role in Character Education for Early Childhood in Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 8(2), 225-234.