Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Guru dan Siswa Melalui Program Kegiatan Gemajuza di SMPN 1 Sooko Mojokerto

Penulis

  • Fi'Lolla Uswatun Hasanah UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Fathur Rohman UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Fahmi UIN Sunan Ampel Surabaya

Kata Kunci:

Gemajuza, Kemampuan Membaca Al-Qur'an, Guru, Siswa

Abstrak

Minat dan kemampuan membaca Al-Qur'an mengalami penurunan yang signifikan di berbagai kalangan generasi. Salah satu faktor yang menjadi penyebab utamanya ialah karena kurangnya pendidikan keagamaan pada orang yang bersangkutan, minimnya sarana dan prasarana, dan kurangnya motivasi Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana program Gemajuza bisa meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an bagi guru dan siswa SMPN 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Adapun setelah seluruh data tersebut telah terkumpul, maka akan dilakukan reduksi data, analisis, dan penyajian data yang relevan dengan inti permasalahan penelitian. Hasil penelitian hasil penelitian diketahui bahwa terjadinya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa dan guru SMPN 1 Sooko Mojokerto. Program ini tidak hanya berhasil meningkatkan keterampilan membaca, tetapi juga membangun kesadaran akan pentingnya membaca Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfian, A., & Paksi, H. P. (2023). Efektivitas Program Gemajuza (Gerakan Menghafal Juz Amma) Dalam Penguatan Karakter Religius Pada Siswa Kelas 5 Sdn Kemasantani.

Arfah, M. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Sima’i pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 2 Tanjab Timur Talang Rimbo Kec. Muara Sabak Barat. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i2.168

Arif, M. N., Mesran, & Yurmaini. (2024). Efektivitas Bimbingan Belajar Baca Tulis Al Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MTS Al-Washliyah 30 Pematang Guntung.

Dinas Pendidikan Mojokerto. (2019). Petunjuk Tehknis: Program Gemajuza (Gerakan Menghafal Juz-Amma) Kabupaten Mojokerto.

Khamid, A., Prasmanita, D., Munawaroh, R., Zamroni, A., & Nasitoh, O. E. (2020). Implementasi Pembelajaran Tajwid dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an dalam Materi Al-Qur’an Hadist. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 45. https://doi.org/10.51278/aj.v2i2.38

Khoir, M. A., & Ihsanuddin, A. (2022). Panduan Pengelolaan, Kurikulum dan Materi Ajar TPQ/TPA. (Team RQN, Ed.). Rumah Quran Annisa.

Lestari. (2022). Tingkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Strategi Membaca Keras. Educational : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(3), 246–255. https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1511

Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis, 2(2), 143–168. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664

Manna’ al-Qaththan, M. (2016). Mabahits fi Ulumil Qur’an. Ummul Qura: Jakarta.

Monalisa, Marsiah, Ajahari, & Anshari, M. R. (2022). Pendampingan dalam Belajar Al-Qur’an pada Anak-Anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an Sukamulya. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v3i1.1203

Musbikin, I. (2014). “Mutiara” Al-Qur’an: Khazanah Ilmu Tafsir dan Al-Qur’an. Jaya Star Nine: Yogyakarta.

Nur, I. R., & Aryani, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 2(3), 100–110. https://doi.org/10.37481/jmh.v2i3.474

Sabooni, S. M. A. (2001). Al Tibyan Fi Ullom Ul Quran By Shaikh Muhammad Ali Sabooni R.A. Pustaka Amani: Jakarta.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif (1 ed.). Pustaka Ramadhan.

Sapuroh, S. (2022). Efektivitas Ekstrakulikuler Btq Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di Smpn 9 Rejang Lebong. Educator : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(1), 63–71. https://doi.org/10.51878/educator.v2i1.1091

Supriadi, A. A. (2022). Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Bagi Siswa – Siswa SMKN 1 Tebing Tinggi. Edumaniora : Jurnal Pendidikan dan Humaniora, 1(2).

Susanti, R. (2024). Optimalisasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Sebagai Peningkatan Pemahaman Keagamaan. 1(1).

Syaifullah, M., Siregar, H., Mawaddah, Dita, R., & Siregar, S. R. A. (2022). Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Kelas V MI/SD.

Triana, A. W. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Aspek Al-Qur’an Hadis untuk Siswa Kelas X TKJ 4 di SMKN 1 Badegan Ponorogo. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3.

Ulum, S. (2024). Kreativitas Guru Al Qur’an dalam Mengelola Kelas Guna Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al Qur’an Siswa Kelas Vi SDIT Al Uswah Tuban. Journal of Educational Research and Practice, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.70376/jerp.v2i2.115

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-18