STRATEGI GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MURAJA’AH HAFALAN AL-QUR’AN (Studi Kasus kelas XII SMA Qur’an Al-Ihsan Boarding School Jakarta Selatan)

Penulis

  • Amriah Fauziah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Indonesia
  • Ahmad Dimyati Badruzzaman Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Indonesia
  • Fajar Syarif Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Strategi, Guru Tahfiz, Muraja’ah, Al-Qur’an

Abstrak

Guru merupakan ujung tombak dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran yang berkualitas. Berhasil atau tidaknya dalam mencapai tujuan pembelajaran tidak lain adalah adanya peran guru  yang harus senantiasa maksimal dalam membimbing para siswa. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara mendalam  mengenai berbagai strategi dan upaya guru tahfiz di SMA Qur’an Al-Ihsan dalam memberikan motivasi muraja’ah hafalan Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (Case Studi) dengan fokus mendeskripsikan ‘Strategi dan upaya guru tahfiz dalam meningkatkan Motivasi muraja’ah hafalan. Sumber data primer yaitu wawancara guru tahfiz, para santri, kepala sekolah dan litbang yayasan. Sedangkan sumber data sekunder yaitu jurnal, artikel dan buku-buku yang relevan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Dalam proses pelaksanaan pembelajaran tahfiz di SMA Qur’an Al-Ihsan, strategi pembelajaran yang digunakan guru tahfiz untuk meningkatkan pencapaian mutqin hafalan kelas XII adalah dengan menggunakan strategi dhabit, dan memberikan reward terhadap siswa kelas XII yang mencapai target mutqin hafalan, selain untuk membantu memaksimalkan strategi yang diterapkan guru Tahfiz SMA Qur’an Al-Ihsan didalam menumbuhkan semangat siswa kelas XII dalam muraja’ah hafalan dengan cara: Pertama, memberikan motivasi terhadap siswa disetiap hari sebelum kegiatan pembelajaran Tahfiz dihalaqahnya masing-masing; Kedua, mengevaluasi pencapaian hafalan di depan siswa. Evaluasi ini dilaksankan guna mengetahui pencapaian masing-masing siswa setiap harinya; Ketiga, membersamai mereka saat menyetorkan hafalan, sehingga hasil daripada berbagai strategi yang diterapkan siswa yang mampu mencapai target mutqin hafalan sebanyak 12 Juz hanya mencapai 40 %, tentu saja ini masih banyak siswa kelas XII yang belum mampu memutqin hafalan sebagaimana yang telah di tetapkan sekolah dengan berbagai hambatan yang ada didalam  siswa/i itu sendiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ajat, Rukajat, Pendekatan Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Deepublish 2018.

Sardiman, A. M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2012.

Cahyono, Guntur, at.all, Strategi Pemberian Reward Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura, Al Ilm: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 2, 2019.

Maskur, Abu, Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini, IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 2, 2018.

Ajeng Wahyuni, Akhmad Syahid, Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak, Elementary, Vol. 5, No. 1, Januari-Juni 2019.

Nursyamsu, Al-Qur’an Sebagai Sumber dan Ideologi Pendidikan Islam, Jurnal Al Muta’alliyah, VoL. 1, No. 1, 2017.

Nurbaiti, Rizka, at.all, Penerapan Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa, Al-‘Itibar: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2, 2021.

Amin, Muhammad, Menyingkap sisi Kmeukjizatan Al-Qur’an, Jurnal At-Tibyan Vol. II No.2 Juli–Desember 2017.

Asror, Mahfudhil, Mengekplanasi Mukjizat Al-Qur’an, Al-I’jaz Vol 1, No 1, Juni 2019.

Drajat, Amroeni, Ulumul Qur’an Pengantar Ilmu-ilmu Al-Qur’an, Depok: Kencana, 2017.

Nursyamsu, Al-Qur’an Sebagai Sumber dan Ideologi Pendidikan Islam, Jurnal Al-Muta’alliyah, Vol. I No. 1 Juni 2017.

Atabik, Ahmad, The Living Qur’an: Potret Budaya Tahfiz al-Qur’an di Nusantara, Jurnal Penelitian, Vol. 8, No. 1, Februari 2014.

Ni’mah, Roudhotun, at.all., Meningkatkan Mitu Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Yanbu’a di Pondok PesantrenHidayatul mubtadiin Desa Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021, Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, Vol. 7 No. 2 Juli-Desember 2021.

Nurbaiti, Rizka, at. all., Penerapan Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa, Al-‘Itibar: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8 No. 2 Agustus 2021.

Maskur, Abu, Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini, IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 2 Juni 2018.

Septianingsih, at. all., Strategi Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kompetensi Program Tahfidzul Qur’an, Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, Vol. 4 No. 2 Juni 2019.

M. Irhas, Muchammad Eka Mahmud, Peningkatan Kualiats Hafalan Al-Qur’an Melalui Media Audio Speaker Al-Qur’an di HSG Khoiru Ummah Loa Janan Ilir Samarinda, Jurnal Borneo Journal of Primary Educatoin, Vol, 1 No, 1 2021.

Nurbaiti, Rizka, at. all., Penerapan Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa, Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8 No. 2 Agustus 2021.

Yani, Muhammad, Hakikat Guru dalam pendidikan Islam, Sultra Educational Journal, Vol 1, No 2, Agustus 2021.

Prasetyo, Teguh, at. all, Profesi Keguruan, (Jawa Timur: Wade Publish, 2018).

Ali, Muhammad, Hakikat Pendidik dalam Pendidikan Islam, Jurnal Tarbawiyah, Vol 11, N 1, Edisi Januari-Juli 2014.

Mainuddin, Kompetensi Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam, Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 9, No 2, September 2017.

Al-‘Asqalânî, Ibn Hajar, Fath al-Bârî bi Syarh Saḥîh Bukhârî Jilid 3, (Beirut : Dar al-Fikr, t.th).

Kamal, Hikmat, Kedudukan dan Peran Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam, Rausyan Fikr, Vol 14, No 1, Maret 2018.

Nasution, Wahyudin Nur, Strategi Pembelajaran, (Medan: Perdana Publishing, 2017).

Haidir, Salim, Strategi Pembelajaran suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa secara Tarnsformatif, (Medan: Perdana Publishing, 2014).

Djalal, Fauza, Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran, Sabilarrasyad Volume II Nomor 01 Januari – Juni 2017.

Bustanil Arifin, Setiawati, Gambaran Strategi Pembelajaran Tahfizd Al-Qur’an, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 5, No 2, 2021.

Hidayah, Nurul, Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan, Ta’allum, Vol 4, No 1, Juni 2016.

Parnawi, Afif, Psikologi Belajar, (Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2019)

Nurjan, Syarifan, Psikologi Belajar Edisi Revisi, (Ponorogo: CV. Wade Group, 2015).

Suralaga, Fadhilah, Psikologi Pendidikan Implementasi dalam pembelajaran, (Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2021).

Harmalis, Motivasi Belajar dalam Perspektif Islam, Indonesian Journal of Counseling & Development, Vol. 01, No. 01, Juli 2019.

At-Tirmidzi, Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah, “Sunan At-Tirmidzi (Al-Jāmi’ Ash-Shaħīħ),” (Beirut: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah, Cet. 3, 2008).

Fatkhurrohman, Motivasi Belajar dalam Perspektis Sunnah, Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, Vol 19, No 2, Desember 2019.

Arianti, Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Didaktika Jurnal Kependidikan, Vol 12, No 2, Desember 2018.

Asrori, Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner, (Jawa Tengah: Penerbit CV. Pena Persada, 2020).

Parnawi, Afif, Psikologi Belajar, (Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2019).

Idzhar, Ahmad, Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi belajar siswa, Jurnal Office, Vol. 2 No.2, 2016.

Tim penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1998).

Masduki, Yusron, Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an, Medina-Te: Jurnal Studi Islam, Vol. 18 Nomor 1, Juni 2018.

Wijaya, Tias Hardi, at. all, Upaya Guru Tahfizh Dalam meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas XI SMA Al Minhaj Bogor Tahun Ajaran 2019/2019, Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2019.

Wadji, Farid, Tahfiz al-Qur’an dalam Kajian Ulum Al-Qur’an (Studi atas Berbagai Metode Tahfiz), Tesis, UIN Syarif Hidayatullah, (Jakarta: Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, 2010).

Masduki, Yusron, Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an, Medina-Te, Vol. 18, No. 1, Juni 2018.

Ginanjar, Muhammad Hidayat, Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor), Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 06 No.11, Januari 2017.

Machmud, Sri Wahyuni, “Efektivitas Metode Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren El-Madinah Wahdah Islamiyah Gorontalo, Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization, Vol 03, No 01, 2021.

Hamid, Abdul, at. all. Pembelajaran Baḥasa Arab, (UIN Malang Press, 2008).

Romziana, Luthfiyah, at.all, Tradisi Muraja’ah Dalam Menjaga HafalanAl-Qur’an Bagi Santri PPIQ di Wilayah Az-Zainiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Kaca: Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, Vol. 11 No. 2 Agustus 2021.

Sa’adah, Naeli, Problematika Menghafal Al-Qur’an dan Solusinya dalam Perspektif Tasawuf (Studi Kasus di Pondok Pesanten Huffadhil Qur’an An-Nur Pamriyan Gemuh Kendal), (Semarang: UIN Walisongo, 2014).

Nasution, Wahyudi Nur, Strategi Pembelajaran, (Medan: Perdana Publishing, 2017).

Nurhayati, Strategi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kalianda Lampung Selatan, (Lampung: Institut Agama Islam Negeri Metro, 2018).

Fitriani, Zelvi, Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 31 Pagaralam, Muaddib: Islmic Education Journal, Vol. 1, No. 1 (2018).

Aisyah, Siti Sarah, Strategi Tahfidzul Qur’an Pada Santriwati di Pondok Yatim Istanbul Baba Murat Korkkmaz Aceh Besar, (Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 2018).

Dadan Winara, Indra Suparman, Penerapan Budaya Muraja’ah Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhar Kota Cirebaon, Prosiding dan Webinar, 28 Juni 2021.

Marcellina, Feni, at.all. Metode pembelajaran Muraja’ah Pada Rumah Tahfizh Qur’an An Nuur, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9 No. 2 Agustus 2020.

An-Naisaburi, Al-Imam Abul Husain Muslim bin Al-Hajjaj al-Qusyairi, Shahih Muslim, (Riyadh: Daar Al-Hadharah Linasyr wa Tauzi’, 2015).

Rukminingsih, at.all, Metode Penelitian pendidikan, (Yogyakarta: Erhaka Utama, 2020).

Kusumastuti, Adhi, Ahmad Mustamil Khoiron, Metode Penelitian Kualitatif, (Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, 2019).

Moleong, Lexi J., Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2020).

Sandu Siyoto, M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015).

Hardani, at.all. Metode Penelitian Kulaitatif & Kuantitatif, (Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020).

Denzim, Lincoln, Introduction: Entering the Field of Qualitative Research, Handbook Of Qualitative Research, (London: Sage Thousand, 1994).

Pahleviannur, Muhammad Rizal, dkk. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Pradina Pustaka, 2022),

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D, (Bandung: Alfabeta, 2019).

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktik, dan Konstruktif, (Bandung: Alfabeta, 2020).

Hardani, at.all. Metode Penelitian Kulaitatif & Kuantitatif, (Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu, 2020).

Rizkiani, Anisa, Pengaruh sistem boarding school terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik (Penelitian di Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut), Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut, Vol 6, No 1 (2012).

Suntara, Reza Adriantika, at.all. The Application of Boarding School System in Realizing Leadership Character Education in School, Jurnal Civicus, Vol. 19 No. 1, Juni 2019.

Muhibuddin, at.all, Sistem Pembelajaran Boarding School: Studi Kasus di Pesantren Modern Fajrul Iman Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Riset (J-PARIS), Vol. 2, No.1 Juni 2021.

Atmaja, Surya, Sistem Pembelajaran Boarding School dalam Pengembangan Aspek Kognitif, Psikomotorik, dan Afektivitas Sisiwa MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah,” Al-Bahtsu, Vol 6, No 1 Juni 2019.

Muh Miftahul Nurul Reskiawan, Andi Agustang, Sistem Sekolah Berasrama (Boarding School) dalam membentuk Karakter Disiplin di MAN 1 Koloka, Pinisi Journal of Sociology Education Review; Vol. 1, No. 2, Juli 2021.

Mariyanto Nur Shamsul, at.all, Efektivitas Metode Talaqqi pada Halaqah Tarbiyah di Wahdah Islamiyah Sulawesi Tenggara dan Analisis Metode Talaqqi dalam Kitab ‘Uddatu At Talabi Binajmi Manhaj at Talaqqi Wa Al-Adab, Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyyah Buton, Vol 7, No 1, 2021.

Mashud, Imam, Meningkatkan Kemampuan Setotan Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas VI B Sekolah Dasar Islam Yakmi Tahun 2018, Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3 No. 2 (2019).

Susianti, Metode-metode dalam Menghafal Al-Qur’an, (Bandung: Al-Hikmah, 2016).

Farhah, Sufi Ainun, Pengaruh Metode Tasmi Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Surat-surat Pendek Al-Qur’an Pada Anak Cerebral Palsy di SLB-D YPAC Bandung, Jurnal Unik, Vol 1, No 1, (2016).

Ritonga, Fitriani Mardiah, Lahmuddin Lubis, Peran Guru dalam Memotivasi Siswa Menghafal Al-Qur’an di SDIT Al-Ikhlas Konggo, Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, Vol 3, No 1, Januari-Juni 2018.

Diterbitkan

2024-06-06