Membangun Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berbasis Proyek

Penulis

  • Silmia Rosyida Nurul Fatikhah UIN Walisongo Semarang
  • Nita Yuli Astuti Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

Kata Kunci:

Kemandirian Belajar, Project Based Learning.

Abstrak

Kemandirian belajar siswa sangat diperlukan dalam mendukung keberhasilan belajarnya. Tidak semua siswa memiliki kemandirian belajar yang tinggi, untuk menumbuhkan kemandirian belajar pada siswa diperlukan suatu model pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Dari banyaknya model pembelajaran yang inovatif, model yang tepat untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa adalah model pembelajaran berbasis proyek (PJBL), karena lebih menekankan pada pendekatan kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks. Pendekatan ini melibatkan siswa dalam melakukan pemecahan masalah dan kegiatan bermakna, memberi kesempatan bekerja secara mandiri untuk menggali pengetahuan, serta menghasilkan produk yang nyata. Tujuan dari penelitian ini yaitu membangun kemandirian belajar siswa melalui pendekatan berbasis proyek.

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Project Based Learning.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Jaka Afriana, (2016), ResearchGate: Project-Based Learning (PJBL), DOI: 10.13140/RG.2.1.3338.2486

Martiani, (2021), Kemandirian Belajar Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan.

Nurfadilah,S & Hakim, D.L, (2019), Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding sesimadika, 1214-1223. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Siti Nurhamidan, Kun Nurachadijat,(2023), Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa, Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan pembelajaran, vol 3, No 2.

Yanti, S & Surya, E, (2017), Kemandirian Belajar dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran. Medan: PPs Unimed.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-18