PENERAPAN STRATEGI EFEKTIF DALAM PENYUSUNAN VISI MISI DAN TUJUAN UNTUK MEMBANGUN KEUNGGULAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Amanah Amnun Zulfa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mulyawan Safwandy Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Kata Kunci:

Strategi Efektif, Visi Misi, Keunggulan, Pendidikan Islam

Abstrak

Pendidikan islam adalah intrumen penting yang berperan untuk mewujudkan tugas manusia sebagai pemimpin di bumi dan pengabdian kepada Allah. Dalam mewujudkan capaian tersebut, maka perumusan visi, misi dan tujuan pendidikan islam diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana strategi efektif menyusun visi dan misi dalam lembaga pendidikan islam serta pengaruhnya terhadap peningkatan lembaga yang unggul. Metode yang digunakan adalah studi pustaka atau pengkajian data penelitian melalui literatur seperti buku, jurnal dan hasil penelitian terdahulu. Sumber data didapatkan dari artikel dan buku yang berkaitan dengan tema penelitian, yang kemudian dianalisis dna ditarik menjadi sebuah kesimpulan persoalan penelitian. Setidaknya ada 5 hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan visi, yakni: harus berupa tujuan yang ingin dicapai, menekankan pada kualitas pendidikan, melibatkan banyak pihak berkepentingan, memiliki jangkaun waktu yang terukur serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Sedangkan dalam penyusunan misi, harus memperhatikan: upaya menanam dan menumbuhkan sikap keagamaan islam, meningkatkan semangat mempelajari ilmu agama islam, pembelajaran yang aktif dan efektif, meningkatkan semangat daya saing yang sehat, dan mengembangkan sikap peduli lingkungan serta keterampilan dalam menjalani aktivitas kehidupan. hal ini akan berbanding senada dengan kualitas dan mutu lembaga pendidikan juga kualitas lulusan yang unggul dalam berbagai bidang yang dilandaskan padan iman dan taqwa.

Referensi

Ali Makhrus, R. A. (2019). Manajemen Guru sebagai Upaya Pencapaian Visi-Misi Sekolah (Studi di Sekolah Menengah Atas Persatuan Guru Islam Indonesia 1 Kota Bandung). Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 3 (1).

Andini, M. N., Dinda, A. H., S. Y., O. C., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Edumaspul, 975-980.

Anisa, & Rahmatullah. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam. Journal Evaluasi, 4(1).

Calam, A., A. M., & I. N. (2020). Reformulasi Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 175-196.

Daulay, H., P., Dahlan, Z., Wibowo, G., & Lubis, J., I. Visi, Misi Tujuan dan Fungsi Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Al-Hadi.

Farikhah, S. (2018). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Faruq, M. H. Al, & Supriyanto, S. (2020). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (Vol. 5, Issue 1, p. 68). Universitas Negeri Surabaya.

Fiandi, A., & Ilmi, D. (2022). Perumusan Visi Yang Visioner Dan Perumusan Misi Pendidikan Yang Ideal. Jurnal Manajemen Pendidikan,7(2), 57-63

Hafizin, & Herman. (2022). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Islamic Manajement: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 99-110.

Hariwibowo. (2018). Analisis Visi dan Misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unieversitas Mulawarman. Kinerja, 15(2).

Kaustar, M., Julaiha, S. (2023). Langkah-langkah Manajemen Strategik di Lembaga Pendidikan Islam. JIDeR: Journal of Instruction and Development Researches, 24-29.

Khafid, S. (2020). Perumusan Visi dan Misi Madrasah dalam Perspektif Filsafat Administrasi. TARQIYAH: Jurnal Pendidikan Islami, 1(1).

Kristianti, P., & Loisa, R. (2021). Analisis Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan dalam Komunitas Wadah Pemimpin. In Koneksi (Vol. 5, Issue 1, p. 106). Universitas Tarumanagara.

Langgulung, H., (1995). Manusia dan Peradaban; Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan (Jakarta: Al Husna Zikra).

Latimbang, S., Pettalongi, S. F., & F. S. (2022). Merumuskan Visi, Misi, Penetapan Tujuan dan Sasaran Pendidikan Islam. Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0, 346-350.

Lubis Ardyanata. (2018). Teknik Perumusan Visi Dan Misi Di Lingkungan Departemen Agama. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8–24.

Martatik. (2019). Implementasi Prinsip-prinsip Pendidikan dalam Islam. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 7(2). https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.91

Minan, M. (2019). Praktik Kepemimpinan Tranformasional Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru Perspektif Alqur’an. Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta, 177-196.

Mohune, P., & B. T. (2019). Proses Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah dalam Pencapaian Visi dan Misi Pendidikan. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 111-126.

Mutohar, P. M. (2013). Manajemen Mutu Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nabila. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, 867-875.

Nizar, S. (2002). Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis (Jakarta: Ciputat Pers).

Pramitha, D. (2016). Urgensi Perumusan Visi, Misi dan Nilai-Nilai pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawi, 1-9.

Rahman, D., & Akbar, A. R. (2021). Problematika yang dihadapi Lembaga Pendidikan Islam sebagai Tantangan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Nazzama Journal of Management Education, Vol. 1 No. 1.

Saleh, M., N., I., (2012). Peace Education, Kajian Sejarah, Konsep dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam (Yogyakarta: Ar-RUZZ Media).

Sholihah, Aminullah, & Fadlillah. (2019). Aksiologi Pendidikan Islam (Penerapan Nilai-Nilai Aqidah Dalam Pembelajaran Anak Di MI). Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 63-82.

Suganda, T., Handiyani, H., & Nurdiana, N. (2021). Penerapan Training Need Analysis dalam Penyusunan Kurikulum Pelatihan Kompetensi Nursing Informatics Kepala Ruangan. In Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan (Vol. 4, Issue 1). Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah.

Syafitri, I. R., Halimahturrafiah, N., D. E., N., S. A. (2023). Merumuskan Visi dan Misi pada Pendidikan Dasar dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Indonesia. Aulad: Journal on Early childhood, 234-243.

Utami, A. F. (2020). Analisis Kesesuaian Visi, Misi, Tujuan dan Kurikulum Prodi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Lhokseumawe dan IAIN Curup. Al-Mudaris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 125-148.

Widaningrum, F. (2019). Analisis Relevansi Visi, Misi, Tujuan dan Kurikulum Antara SMKN 1 Kedawung Sragen dan SMKN 1 Bawen Semarang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam.

Zulfania, S. (2021). Analisis Rumusan Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini di TK II Pertiwi. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 48-58.

Diterbitkan

2024-06-06