Tantangan dan Peluang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak dalam Kehidupan Masyarakat Modern
Kata Kunci:
akhlak, masyarakat modern, tantanganAbstrak
Tantangan dalam implementasi nilai-nilai akhlak di era modern mencakup pengaruh media sosial, perubahan struktur keluarga, dan tekanan ekonomi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memberikan solusi praktis menghadapi tantangan tersebut agar masyarakat tetap kuat dalam nilai-nilai moral. Metode yang digunakan adalah studi literatur kualitatif dengan analisis artikel ilmiah, jurnal, dan buku terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akhlak yang tepat dan peran aktif orang tua, guru, dan masyarakat dapat menjaga dan mentransmisikan nilai-nilai akhlak kepada generasi muda, meskipun ada tantangan besar. Pendidikan dan bimbingan yang kontinu dari berbagai pihak menjadi kunci dalam mempertahankan nilai-nilai luhur akhlak di tengah arus modernisasi dan globalisasi. Kesimpulannya, pendekatan pendidikan yang holistik dan dukungan komunitas sangat penting untuk mengatasi tantangan ini.
Unduhan
Referensi
Armia, & Sahlan, M. (2019). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Akhlak Siswa Kelas V SDN 147 Pekanbaru. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 2(2), 74–82.
Dalimunthe, A. Q., & Sinulingga, N. N. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM ERA DIGITAL DALAM MEMBINA AKHLAK MULIA GENERASI ISLAMI. Paedagoria :Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(3), 362–370. https://doi.org/10.31764
Daulat, Suryani, I., & Ansyah, R. (2024). Trend Pemahaman Akhlak pada Masayarakat Modern. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4144–4151.
Faizin, M., Sari, W. P., Pramita, N. W., & Faruq, S. (2022). Tantangan dan Metode dalam Menerapkan Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Ghazali di Era Modernisaasi Terhadap Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 263–270. https://doi.org/10.5281/zenodo.7486411
Falach, G., & Assya’bani, R. (2021). Peran Tasawuf Di Era Masyarakat Modern "Peluang dan Tantangan”. Refleksi Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam, 21(2), 191–206. https://doi.org/10.14421/ref.2021.2102-03
Firdaus. (2017). MEMBENTUK PRIBADI BERAKHLAKUL KARIMAH SECARA PSIKOLOGIS. Al-Dzikra, 11(1), 55–88.
Muhammad Nur, & M. Iqbal Irham. (2023). TASAWUF DAN MODERNISASI: URGENSI TASAWUF AKHLAK PADA MASYARAKAT MODERN. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 25(1), 107–120. https://doi.org/10.32678/aqlania.v13i1.5719
Munajah, N. (2021). AGAMA DAN TANTANGAN MODERNITAS. Tahdzib Al Akhlak : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 83–92. https://doi.org/10.34005/tahdzib/v4i1/1433
Nina Adlini, M., Hanifa Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Julia Merliyana, S. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.33369/jip.6.1
Rizik, M., Hasibuan, L., & Us, K. A. (2021). Pendidikan Masyarakat Modern dan Tradisional dalam Menghadapi Perubahan Sosial dan Modernisasi. JURNAL LITERASIOLOGI, 5(2), 61–68.
Saefullah, S. K. (2020, November 30). Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi Terhadap Karakter Anak. KEMENAG RI BDK JAKARTA. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/pengaruh-kemajuan-teknologi-komunikasi-dan-informasi-terhadap-karakter-anak/
Samsu, L., & Hanafi, H. (2022). AKHLAK DALAM PEMIKIRAN ETIKA MANUSIA MODEREN. Syattar :Studi Ilmu-Ilmu Hukum Dan Pendidikan, 3(1), 25–35. https://doi.org/10.35326/syattar.v1i2.1185
Setiawan, D., Rahman, A., & Ramadhan, I. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK SISWA (STUDI KASUS DI LEMBAGA PENDIDIKAN FIKAR SCHOOL). MOZAIC ISLAM NUSANTARA, 5(1), 73–84.