Peran Keluarga dalam Menanamkan Etika dan Nilai Moral Pada Anak

Penulis

  • Nur Maulidah Apriliyani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Kata Kunci:

Keluarga, etika, nilai moral, anak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam menanamkan etika dan nilai moral pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu literature review atau tinjauan pustaka. Tinjauan pustaka adalah adalah analisis tentang teori, temuan, dan sumber penelitian lain yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian. Tinjauan pustaka mencakup review, ringkasan, dan pemikiran penulis tentang berbagai referensi (artikel, buku, presentasi, informasi online, dsb) mengenai topik yang dibahas. Peran keluarga memiliki pengaruh besar dalam penanaman etika dan nilai moral pada anak-anak. Dengan interaksi yang positif, komunikasi yang terbuka, dan teladan yang baik dari orang tua, anak-anak cenderung menginternalisasi nilai-nilai moral yang mereka pelajari di dalam lingkungan keluarga.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fardiana, A., Anwar, R. H. K., Miftahudin, U., Sugandi, M., Jamil, Z. L., & Saefumillah, S. (2024). Manajemen Madrasah Di Yayasan Anwariyah Sukajaga. Burangrang: Jurnal Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), 2(1), 1-10.

Miftahudin, U., Erihadiana, M., Jahari, J., & Syaf, S. (2023). ANALISIS SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU (SMA IT) DAARUSSALAAM SUKABUMI. Expectation: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 16-26.

Parida, D., AS, E. E., Satriah, L., & Miftahudin, U. (2024). Penerapan Konseling Individu Dengan Komunikasi Terapeutik Islami Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(2), 105-112.

Patimah, T. S., Herliani, H., & Sugandi, M. (2024). MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH (PENELITIAN DI MA YPPA CIPULUS). Expectation: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 13-24.

Sugandi, M., Miftahudin, U., & Yanuar, A. T. (2023). SUKSESI KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MIFTAHULHUDA AL-MUSRI’CIANJUR, JAWA BARAT). Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 28-41.

A. A. (1997). Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

A. M., & J. M. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Annur, Y. F., R. Y., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 331.

Asnawan. (2019). Urgensitas Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Keagamaan Pada Anak. Jurnal Auladuna, 1 (2), 129-130.

Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta.

E. P. (2022). Etika dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 8 (1), 38-39.

F. B. (2006). Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

F. F., Akil, & A. N. (2022). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Al-Afkar, 5 (1), 274.

Fauzi, & B. A. (2013). Nilai-nilai Tarbawi: Dalam Al-Qur'an dan Al-Sunnah. Banda Aceh: Lembaga NASA dan Ar-Raniry Press.

H. L. (1995). Manusia dan Pendidikan. Jakarta: Al-Husna Dzikra.

Hasbullah. (2003). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

I. A., A. S., & S. F. (2006). Agar Tidak Salah Mendidik Anak. Jakarta: Al-Huda.

Jamari. (2016). Peranan Keluarga dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 7 (2), 412-413.

L. Y. (2013). Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini. Majalah Wuny, 15 (1), 5-7.

M. A. (2011). Filsafat Etika Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Mahmud, H. G., Y. A., & Y. Y. (2013). Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga: Sebuah Panduan Lengkap Bagi Para Guru dan Orang tua. Jakarta: Akademia permata.

Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psycologhy and Counseling, 3 (1), 123.

S. W. (2022). Konsep Etika Dalam Islam. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 8 (1), 2.

U. M. (1985). Emansipasi dan Peran Ganda Wanita Indonesia: Suatu Tinjauan Psikologis. Depok: UI Press.

W. W. (2010). Peranan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai Moral Pada Anak Usia Dini. Diklus, 14 (1), 76-77.

Zulhaini. (2019). Peranan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Kepada Anak. Jurnal Al-Hikmah, 1 (1), 4.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30