IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH MANARULHUDA CIANJUR

Penulis

  • Hasna Afifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mulyawan Safwandy Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Kata Kunci:

Implementasi biaya, Manajemen Biaya, Biaya Pendidikan Madrasah

Abstrak

Pembiayaan pendidikan hal yang sangat diperhitungkan ketika melaksanakan suatu program pendidikan, program tidak akan berjalan apabila dana yang dibutuhkan tidak ada atau bahkan salah dalam pengalokasian dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur manajemen pembiayaan di suatu lembaga madrasah tsanawiyah Manarulhuda Cianjur. Setiap perhitungan manajemen tidak terlepas dari yang namanya perencanaan yang baik agar terlaksananya program yang baik pula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif maka dapat menjelaskan secara rinci mengenai implementasi manajemen yang dilaksanakan di MTs Manarulhuda, sumber data yang didapatkan berasal dari wawancara, observasi, serta data yang dianalisa. Hasil yang didapatkan Madrasah Tsanawiyah menggunakan dua sumber dana yang pertama dari pemerintah, dan yang kedua infak dari orangtua siswa. Sumber dana juga dialokasikan melalui beberapa tahap dari mulai perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi program untuk menilai pengalokasian dana sudah tepat atau sesuai dengan tujuan Pendidikan lembaga. Sumber dana dari pemerintah dipergunakan untuk operasional sekolah, sedangkan dana infak dari orangtua siswa dipergunakan untuk Pembangunan, dan juga kegiatan yang melibatkan siswa.

Referensi

Abidin, A. A. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan tinggi dalam upaya peningkatan mutu (Studi kasus pada perguruan tinggi swasta menengah surabaya). Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 87–99.

Alpi, M. F. (2019). Penerapan Good Corporate Govermance pada PT. Bank BUMN Tbk Regional I Sumatera Utara. Prosiding Seminar Nasional Keiwarausahaan, 355–364.

Apriliana, R. A., Rodiyah, D. P. M., Sukma, B. M., Puspitasari, D. R., Dina, E. S., & Yuliana, A. T. R. D. (2022). Implementasi Manajemen Keuangan Madrasah dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 92–106.

Arifin, Z. (2018). Studi Evaluasif tentang Keberadaan Sekolah Program Bakat Istimewa di Mtsn Malang liii Berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan Tingkat Smp/ MTs. . Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 311–331.

Ditya, A., Armanila, A., Sirait, A. S., Mahfuza, N., & Hasri, P. P. (2023). Implementasi Pengelolaan Administrasi Pendidikan di RA. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(6), 942–950.

Firdianti, A. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre Publishing.

Ismail, F., & Sumaila, N. (2020). Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Madrasah Aliyah Megeri 1 Bitung, Sulawesi Utara. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1–18.

Muhtasat, M., Fahrurozi, F., & Hakim, L. (2023). Manajemen Evaluasi Diri dalam Menyusun Anggaran Menggunakan Aplikasi EDM e-RKAM pada Madrasah Sasaran Proyek (REP-MEQR) . MANAZHIM, 5(1), 400–416.

Musakuro, R. N. , & D. K. F. (2021). Academic talent: Perceived challenges to talent management in the South African higher education sector. SA Journal of Human Resource Management/SA Tydskrif Vir Menslikehulpbronbestuur,.

Pananragi, H. A. R., & SH, M. P. (2017). Manajemen Pendidikan (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Tsaqif, M. (2021). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan . UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wahyudin, H. U. R., & MM, M. P. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Pendekatan Prinsip Efisiensi, Efektivitas, Transparansi dan Auntabilitas). Deeppublish.

Zahruddin, Z., Arifin, Z., & Suhandi, A. (2019). Implementasi Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 46–56.

Diterbitkan

2024-06-06