PELAKSANAAN REKRUTMEN CALON TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMP IT ALFASSALAM CIANJUR

Penulis

  • Pepen Supendi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Anisa Siti Hodijah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Atep Ruzhan Nur Alam UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Kata Kunci:

Rekrutmen, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan rekrutmen di SMP IT Alfassalam Cianjur. Rekrutmen  adalah  proses  untuk  mendapatkan  sejumlah  sumber  daya manusia  yang  berkualitas  untuk menduduki  suatu  jabatan  atau  pekerjaan.  Pelaksanaan rekrutmen yang profesional dan proporsional akan menghasilkan masukan tenaga pendidik yang berkualitas. Untuk mengkaji pelaksaaan rekrutmen di SMP IT Alfassalam Cianjur, menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis,lisan dan   kegiatan   dari   orang-orang   yang   diamati.   Untuk   mengumpulkan   data menggunakan teknik wawancara, teknik observasi,  dan teknik dokumentasi. Prosedur analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Alfassalam Ciranjang Cianjur sudah menerapkan strategi umum dalam perekrutan SDM untuk memenuhi kebutuhan tenaga yang diperlukan di sebuah organisasi, selain itu metode rekrutmen yang digunakan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Alfassalam Cianjur adalah metode internal dan metode eksternal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggito, A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: CV. Jejak.

Ayuningtyas, A. E., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Evaluasi Program Pelatihan In House Training (IHT) di Sekolah Dasar Swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 171. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p171-183

Dian, D., Trisna, M. Y., & Huda, N. N. (2022). The Effect of School Principles Motivation in Efforts to Improve Teacher Performance at Integrated Islamic Elementary School. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 27–40. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i1.3221

Diantoro, F. (2018). Manajemen Peserta DIdik dalam Pembinaan Perilaku Keberagaman. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 413.

Fajri, N. S., & Wiyani, N. A. (2019). Manajemen Marketing Sekolah Berbasis Information and Communication Technology. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 4(2), 107. https://doi.org/10.18860/jmpi.v4i2.7857

Hidayat, R., Dyah M, V., & Ulya, H. (2019). Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoretis. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.34125/kp.v4i1.394

Khoerunnisa, S., Irawan, & Dian. (2021). Hubungan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dengan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan Penelitian Di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Sumedang. Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 2021. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh

Kindro Dwi Raharjo, Dien Noviany Rahmatika, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Internal, Quality Of Work Life, Dan Spiritualitas Di Tempat Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Kerja (Studi Kasus pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan). Manajemen Sumber Daya Manusia, 1–13.

Kompri. (2017). Standar Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional. Jakarta: Kencana.

Malaya, I., Madrasah, S., & Rosyidiyah, T. A. (2019). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/ISEMA.V4I1.5645

Mubarak, F. (2014). Faktor dan Indikator Mutu Pendidikan Islam. Management of Education, 1(1), 10–18.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosda Karya.

Pendidikan, T. D. A. (2013). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rachmawati, F. (2018). Penerapan Digital sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/26290/2/Fitri Rachmawati_B96214120.pdf

Raco, R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristikdan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sanusi, H. P., & Rosdiana, F. (2019). Manajemen Strategi Kepemimpinan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Garut. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 64–75. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5010

Werdiningsih, I. (2021). Matematika Dasar. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Zhahira, J. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Educational Research, 1(1), 85–100. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.16

Diterbitkan

2024-06-06