DIMENSI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN) PERSPEKTIF AL-QURAN

Penulis

  • Cecep Anwar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Diva Nur Wulandari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Kata Kunci:

Perencanaan, Pengorganisasian, Manajemen

Abstrak

Perencanaan dan pengorganisasian adalah dua fungsi manajemen yang penting dalam menjalankan berbagai kegiatan dalam lingkup perusahaan atau organisasi. Fungsi perencanaan adalah manajemen berfungsi untuk menyusun rencana dan strategi untuk mencapai tujuan organisasi Perencanaan harus mempertimbangkan kebutuhan fleksibilitas agar mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi baru secepat mungkin. Fungsi pengorganisasian adalah proses untuk merancang struktur formal, mengelompokan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar jiwa pengorganisasi dapat dicapai dengan efisien. Tujuan perencanaan dan pengorganisasian pendidikan adalah untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dengan cara yang efektif dan efisien. Ayat al-Qur'an perencanaan dan pengorganisasian yaitu al-Hasyr ayat 18, al-Anfal ayat 60, al-Baqarah: 286, dan al-An'am ayat 135. Kesimpulannya terdapat keterkaitan antara perencanaan dan pengorganisasian dan juga pembahasan mengenai ayat-ayat al-Qur'an yang terdapat sebuah keterhubungan antara teori keorganisasian dan juga tuntunan-tuntunan yang Allah berikan.

Referensi

Abdul, S. A. (2015). Tafsir Ibnu Kasir. Insan kamil.

Basyar, S., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Raden, U., & Lampung, I. (t.t.). Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam VIII (I) 2018 Pendidikan Islam Di Era Globalisasi: Antara Konsepsi dan Aplikasi. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.2989

Buyung, O., & Nasution, S. (t.t.). AL FAWATIH Jurnal Kajian al-Qur’an dan Hadis Volume 3 Nomor 1 Edisi Januari-Juni 2022 Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Padangsidimpuan Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam Menurut Al-Qur’an.

Edy, S. (2023). Manajemen Pendidikan Islam. CV. Adanu Abimata.

Kasmawati. (2019). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Idaarah, 3(1), 138–147.

Kementerian Agama RI. (2013). Kerja dan Ketenagakerjaan (Tafsir Al-Qur'an Tematik). Aku Bisa.

Kementrian Agama. (2017). Al Quran dan Terjemahan. Kementrian Agama Republik Indonesia.

M. Quraish, S. (2013). Tafsir al-Misbah (5 ed.). Lentera Hati.

Pratama, R. (2020). Pengantar Manajemen. CV. Budi Utama.

Rachman, F. (2015). Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian dalam Perspektif Al-Quran dan Hadits. Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 291–323.

Rasyid, A. (2017). Manajemen Pendidikan (A. Tantu, Ed.; 1 ed.). Celebes Media Perkasa.

Rukmaningsih. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas . CV. Bumi Maheswari.

Siden, L. S., Arsyad, L., Pascasarjana, A. M., Sultan, I., & Gorontalo, A. (2020). Pengorganisasian Pendidikan Dalam Perspektif Al Quran Dan Hadits. Dalam Jurnal Al-Himayah (Vol. 4).

Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Syamsuddin, A. (2007). Perencanaan Pendidikan . Rosda Karya.

Zaluchu. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249–266.

Diterbitkan

2024-05-04