CRITICAL REVIEW KURIKULUM NASIONAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X SEMESTER II MADRASAH ALIYAH DENGAN ANALISA TAKSONOMI PENDIDIKAN

Penulis

  • Zaenur Rofiq STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Kurikulum, Sejarah Kebudayaan Islam, Taksonomi Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kritis terhadap Kurikulum Nasional pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk kelas X semester II di Madrasah Aliyah. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan kurikulum yang berkaitan dengan taksonomi pendidikan. Taksonomi pendidikan digunakan sebagai alat evaluasi untuk menilai sejauh mana kurikulum dapat mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Metode penelitian ini melibatkan analisis dokumen, wawancara dengan para pengajar, dan observasi terhadap proses pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan siswa, pengembangan keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta relevansi materi dengan perkembangan kontemporer. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam tentang keefektifan Kurikulum Nasional pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di tingkat Madrasah Aliyah. Implikasi dari temuan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk perbaikan dan pengembangan kurikulum, sehingga dapat lebih responsif terhadap tuntutan perkembangan pendidikan dan kebutuhan siswa.

Referensi

Abidin, Analisis Taksonomi Bloom Konsep dan Implikasinya Bagi Pendidikan Anak, (2012.Vol 1 No 2. 3 Oktober 2019).

Alwi, Hasan. Sugono, Dendy. Sukesi Adiwimarta, Sri. Lapoliwa, Hans. dkk. Edisi III 2005 “Kamus Besar Bahasa Indonesia” Jakarta: Balai Pustaka.

http://oregonstate.edu/instruct/coursedev/models/id/taxonomy/#table

http://en.wikipedia.org/wiki/Bloom%27s_Taxonomy

http://www.google.co.id/search?q=intitle%3Ataksonomi+penddikan&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a.

Zulhadi. Tugas Makalah Kritik Kurikulum Nasional Pada Mata Pelajarn Sejarah Kebudayaan Islam.

Diterbitkan

2024-06-06