PENDEKATAN HOLISTIK DALAM PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM: MENDORONG PENGEMBANGAN SPIRITUAL

Penulis

  • Fidafadilatul Romdoniyah UIN Sunan Gunung Djati
  • Mulyawan Safwandy Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

pendidikan, Kepemimpinan

Abstrak

Perencanaan dianggap penting karena perencanaan akan menjadi penentu serta memberikan arah terhadap pencapaian tujuan yang diinginkan. Keberhasilan suatu program seringkali bergantung pada perencanaan yang matang, sementara program yang tidak melibatkan perencanaan yang baik seringkali berujung pada kegagalan. Dengan kata lain, aktivitas baik yang berskala kecil maupun besar, jika tidak didukung oleh perencanaan yang memadai, berpotensi mengalami kegagalan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana proses perencanaan dalam pendidikan islam. Metode yang digunakan adalah studi pustaka atau pengkajian data penelitian melalui literatur seperti; jurnal, buku atau penelitian terdahulu. Sumber data digunakan adalah dari artikel dan e-book yang berkaitan dengan tema penelitian, yang selanjutnya dianalisis serta ditarik kesimpulan persoalan penelitian. Dalam proses perencanaan pendidikan terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan diantaranya; pertama, mengidentifikasi masalah pendidikan islam, kedua, merancang rencana pendidikan islam, ketiga, mengevaluasi rencana pendidikan islam, keempat mengimplementasi rencana pendidikan islam, kelima, memonitoring rencana pendidikan islam.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifudin, zahara, fikriya. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2).

Akhmad. (2020). PERENCANAAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2.

Albab, U. (2021). Perencanaan Pendidikan dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 5(1), 119–126.

Ardiyanto, D. (2021). Upaya Mempromosikan Aktivitas Fisik dan Pendidikan Jasmani via Sosio-Ekologi. . Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual.

Ariyanto, A. S. S. (2020). Konsep motivasi dasar dan aplikasi dalam lembaga pendidikan Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(2).

Chadah, A. (2019). Manajemen berbasis sekolah (MBS): Konsep Dasar dan Implementasinya pada Satuan Pendidikan. Tarbiyatuna. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4, 77–88.

Fardiana, A., Anwar, R. H. K., Miftahudin, U., Sugandi, M., Jamil, Z. L., & Saefumillah, S. (2024). Manajemen Madrasah Di Yayasan Anwariyah Sukajaga. Burangrang: Jurnal Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), 2(1), 1-10.

Kasmawati. (2019). IMPLEMENTASI PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. JURNAL IDAARAH, , 3, 146.

Mardiah dan Syarifuddin. (2020). Model-Model Evaluasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2.

Maskur. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. . Urnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3).

Miftahudin, U., Erihadiana, M., Jahari, J., & Syaf, S. (2023). ANALISIS SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU (SMA IT) DAARUSSALAAM SUKABUMI. Expectation: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 16-26.

Mukdar Boli, N. (2023). LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN EVALUASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM . El-Darah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9, 79–80.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. . Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21, 151–172.

Parida, D., AS, E. E., Satriah, L., & Miftahudin, U. (2024). Penerapan Konseling Individu Dengan Komunikasi Terapeutik Islami Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(2), 105-112.

Patimah, T. S., Herliani, H., & Sugandi, M. (2024). MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH (PENELITIAN DI MA YPPA CIPULUS). Expectation: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 13-24.

Rani, R. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6).

Santi, Y. , Y. E. M. , & M. R. (2023). Analisis Implementasi Hubungan Sekolah dengan Wali Murid dalam Peningkatan Akhlak Siswa di Sekolah Penggerak. AHDAF: , . Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2, 83–96.

Siswanto dan Eli Susanti. (2018). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Paramurobi, 2, 69.

Sugandi, M., Miftahudin, U., & Yanuar, A. T. (2023). SUKSESI KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MIFTAHULHUDA AL-MUSRI’CIANJUR, JAWA BARAT). Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 28-41.

Usman, H. (2022). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan (4th ed.). Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30