METODE DAN MEDIA PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Penulis

  • Aqsha Cahya Abdilah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Cecep Anwar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Kata Kunci:

Metode, Media Pendidikan Islam, Perspektif Al-Qur’an.

Abstrak

Metode pendidikan Islam merujuk pada strategi yang dapat dipergunakan oleh pengajar untuk membantu peserta didik mengembangkan karakter Muslim sesuai pedoman yang terdapat dalam Al-Qur'an dan hadits. Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa seseorang dapat tumbuh menjadi individu yang taat beragama, bertaqwa, dan memiliki akhlak mulia, serta dapat memberikan manfaat kepada orang lain. Media pendidikan Islam, di sisi lain, adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan materi atau informasi keilmuan kepada individu dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Islam, yaitu mendidik individu yang beriman dan memiliki akhlak yang baik. Dalam pandangan Al-Qur'an, metode dan media pendidikan Islam dianggap sebagai jalan, cara, alat, atau petunjuk untuk menyampaikan pesan dengan tujuan agar isi informasi dapat diserap dengan baik, baik secara langsung maupun tidak langsung. Al-Qur'an dianggap sebagai sumber yang sangat lengkap untuk menyampaikan segala sesuatu yang telah terjadi dan yang akan terjadi, menjadi rujukan dan pembelajaran bagi umat Islam untuk memahami dan meyakini segala aspek kehidupan. Pada tingkat yang lebih tinggi, pendekatan ilmiah juga digunakan untuk membuktikan kebenaran isi Al-Qur'an, memperkuat keimanan dan ketakwaan umat Muslim, serta membantu mereka menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat.

Diterbitkan

2023-12-29