PENGUATAN TATA KELOLA BIAYA PENDIDIKAN MENUJU TRANSPARASI DAN AKUNTABILITAS DI MA AS-SA’ADAH

Penulis

  • Ishma Shafiyatu Sa’diyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mulyawan Safwandy Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Kata Kunci:

Kepala sekolah, Pengelolaan, Sarana Prasarana

Abstrak

Saat   ini   era   globalisasi   abad   ke-21 telah memunculkan persaingan  antar bangsa, ekonomi global, perubahan budaya, perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  (IPTEK)  yang  semakin  canggih.  Untuk itu,  diperlukan  para  pengelola  dan  pimpinan  pendidikan  yang  mampu  mengantisipasi perkembangan  eksternal  bagi  kemajuan  Sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui perencanaan penggunaan sarana prasarana di MTs As-Sa’adah , untuk mengetahui pengawasan sarana prasarana Pendidikan di MTs As-Sa’adah dan  untuk mengetahui kordinasi antar kepala madrasah dengan guru tentang sarana prasarana Pendidikan di MTs As-Sa’adah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik metode ini bertujuan untuk memahami fenomena social atau kehidupan manusia dengan mendeskripsikan dan menganalisis data secara mendalam. Hasil dari penelitian ini bahwa Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah  (RKAM) MTs. As-Sa’adah berdasarkan Kebutuhan Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang sudah diusulkan pada rapat Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang dihadiri oleh pihak Yayasan dan Jajaran MTs As-Sa’adah, Pengawasan Sarana prasarana dilakukan kepada pengguna barang dengan Pengawasan Melekat (Waskat) yang dilakukan oleh Kepala Madrasah dan wakamad bidang sarana prasaran serta oleh Pengawas Yayasan As-Sa’adah. Kepala Madarasah secara intensip melakukan kordiinasi dengan guru tentang kebutuhan sarpras yang diperlukan masing-masing guru dan TU serta mengevaluasi penggunaan yang sudah diserahkan. Dapat disimpulkan bahwasannya perencanaan, pengawasan dan kordinasi yang dilakukan di MTs As-Sa’adah sudah teroganisasir dan tersususn dengan rapih, serta pengawasan terus di tinjau oleh kepala sekolah atau steakholder.

Diterbitkan

2023-12-29