MOTIVASI DALAM MANAJEMEN KEWIRAUSAAN

Penulis

  • Sofwan Harun Al-Rasyid Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dini Anjani Nurlatifah STAI Al Badar Cipulus Purwakarta
  • Lina Halimatussadiyah STAI Al Badar Cipulus Purwakarta

Kata Kunci:

Motivasi, Manajemen, Kewirausahaan

Abstrak

Kewirausahaan tidak hanya mencakup penciptaan usaha baru, tetapi juga mencakup eksplorasi peluang baru, inovasi, dan manajemen risiko. Sumber daya manusia memainkan peran sentral dalam kewirausahaan, membutuhkan motivasi yang kuat untuk mencapai tujuan bersama. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu dengan menggunakan studi kualitatif dengan analisis perpustakaan. Data dianalisis secara deskriptif untuk memahami konsep dasar motivasi, model motivasi, teknik, dan strategi memotivasi anggota organisasi, serta hubungan konsep diri dan motivasi dalam manajemen kewirausahaan. Hasil dari bahasannya adalah bahwa Motivasi merupakan kekuatan internal yang mendorong individu bertindak. Model motivasi meliputi kebutuhan-tujuan, ekspektasi Vroom, dan Porter-Lawler. Teknik memotivasi termasuk pengakuan, lingkungan kerja yang mendukung, peluang karir, mendengarkan masukan, sistem penghargaan yang adil, dan dukungan bimbingan. Konsep diri memengaruhi motivasi, di mana konsep diri positif meningkatkan motivasi individu dalam mencapai tujuan kewirausahaan.

Unduhan

Diterbitkan

27-06-2025