TANTANGAN ETIKA PROFESI KEPENDIDIKAN DI ERA DIGITAL DAN SOCIETY 5.0

Penulis

  • Siti Salwa Khairunnisa STAI Al Badar Cipulus Purwakarta
  • Farhan Muhammad Zen STAI Al Badar Cipulus Purwakarta

Kata Kunci:

Etika Profesi, Pendidikan Islam, Era Digital, Society 5.0, Profesionalisme.

Abstrak

Penelitian ini membahas tantangan etika profesi kependidikan di era digital dan Society 5.0 yang semakin kompleks akibat perkembangan teknologi informasi. Tujuan utama penelitian adalah mengidentifikasi bentuk-bentuk pelanggaran etika yang sering muncul, menganalisis dampaknya terhadap dunia pendidikan, serta menawarkan solusi etis berdasarkan nilai-nilai Islam dan prinsip profesionalisme kependidikan. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif, yaitu mengkaji sumber-sumber ilmiah, fenomena aktual, dan regulasi yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan serius dalam praktik kependidikan, seperti penyalahgunaan media sosial oleh guru, meningkatnya kasus plagiarisme akademik, komersialisasi pendidikan, serta penyalahgunaan jabatan dan ketidaknetralan tenaga pendidik. Selain itu, penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam administrasi dan pembelajaran menghadirkan konsekuensi moral baru yang terkait dengan privasi, ketergantungan teknologi, dan keadilan sosial.

Unduhan

Diterbitkan

27-06-2025