ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA MENGATASI PROBLEMATIKA LINIERITAS GURU

Authors

  • Pepen Supendi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Dedeh Sariah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ratna Rukmana MTs Negeri 6 Sumedang

Keywords:

Manajemen strategi,linieritas, mutasi, kebijakan internal sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis manajemen lembaga Pendidikan dalam mengatasi promblematika linieritas guru. Fokus pada strategi mutasi dan kebijakan internal kepala sekolah. Metode yang digunakan penelitian ini kualitatif dengan Teknik studi literatur. Tujuan penelitian ini yaitu mendeksripsikan strategi mutasi dan kebijakan internal kepala sekolah sebagai upaya mengatasi linieritas guru. Strategi mutasi guru sebagai upaya mengatasi linieritas guru dan sebagai penyelesaian pemerataan guru. Namun strategi mutasi ini juga mengalami tantangan, seperti kesulitan adaptasi guru dan siswa di sekolah baru serta tidak meratanya perpindahan guru. Strategi yang kedua, kebijakan internal kepala sekolah, kebijakan ini dilakukan di lembaga Pendidikan PAUD. Seiring meningkatnya pendirian lembaga Pendidikan PAUD sementara terbatasnya guru PAUD yang sesuai kualifikasi. Kepala sekolah membuat kebijakan internal yaitu prioritas guru lulusan Pendidikan agama (bagi Radhatul Anfal), menyediakan fasilitas pengembangan diri, mengadakan pelatihan dan seminar serta bekerjasama dengan organisasi RA. Implementasi kebijakan ini mengalami kelemahan terkait biaya dan waktu yang dapat menganggu aktivitas belajar. Evaluasi secara berkala terhadap dua strategi ini sangat penting untuk mengukur efektivitas, memastikan pemberlakukan program secara adil untuk semua guru.

Published

2023-12-29