Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Kartu Suku Kata Bergambar Di Raudatul Athfal Darussalam Kota Siantar
peningkatan kemampuan membaca anak usia dini melalui penggunaan media kartu suku kata bergambar di Raudatul Athfal Darussalam Kota Siantar
Abstrak
ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk mengenal peningkatan kemampuan membaca anak usia dini melalui pengunaan media kartu suku kata bergambar di RA darussalam kotasiantar. Metode penelitian yang di suatu adalah penelitian tindakan kelas, Setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, hasil observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media suku kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini di RA Darussalam dapat dibuktikan dengan bahwa, dari 19 siswa terdapat 18 orang siswa yang tuntas dalam belajar kemampuan membaca permulaan dengan nilai 75% ke atas, sedangkan 1 anak lainnya belum tuntas belajar dan mendapatkan nilai di bawah 75%. Pada siklus II ini ketuntasan siswa secara klasikal sudah mencapai kriteria ketuntasan yang yaitu 94,73%, dan berdasarkan kriteria ketentusan klasikal yang ditetapkan pada penelitian ini adalah satu kelas dinyatakan tuntas apabila 85% anak telah tuntas belajar (ketuntasan klasikal). 2) kesulitan penggunaan media suku kata bergambar pada peningkatan kemampuan membaca AUD di RA Darussalam yaitu: Setiap anak memiliki tingkat perkembangan yang berbeda-beda, Anak cenderung tidak bisa dikontrol, Anak kesulitan dalam menggabungkan suku kata, Anak kurang aktif saat diberi kesempatan untuk membaca dan hanya beberapa siswa yang berani maju di depan kelas.
Kata Kunci: Membaca, ????????????, Media, Kartu Suku Kata.
ABSTRACT
This article aims to recognize the improvement of early childhood reading skills through the use of illustrated syllable card media at RA Darussalam Kotasiantar. The research method used is classroom action research , Each cycle carried out in this study consists of 4 stages, namely: action planning, action implementation, observation results and reflection. The results of this study indicate that: 1) The use of illustrated syllable media can improve the reading skills of early childhood children at RA Darussalam can be proven by the fact that, out of 19 students, 18 students have completed learning initial reading skills with a score of 75% and above, while 1 other child has not completed learning and gets a score below 75%. In this second cycle, the classical student completion has reached the completion criteria, which is 94.73%, and based on the classical provision criteria set in this study, one class is declared complete if 85% of children have completed learning (classical completion). 2) The difficulties of using illustrated syllable media to improve AUD reading skills at RA Darussalam are: Each child has a different level of development, Children tend to be uncontrollable, Children have difficulty combining syllables, Children are less active when given the opportunity to read and only a few students dare to come forward to the front of the class.
Keywords: Reading, early childhood, Media, Syllable Cards.