Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN <p>Banun Journal: The term Banun which comes from Arabic which means child is a Journal of the PIAUD Study Program which focuses on Early Childhood education. This journal is a peer-reviewed journal that aims to facilitate the exchange of high-quality research results in various aspects of early childhood education.</p> <p>This journal covers various studies and research analyzes related to early childhood education. Several aspects studied include the development of moral and religious values, physical motor development, social emotional development, cognitive development, language development, artistic and creative development, child care, PIAUD management institutions, early childhood development assessments, child development psychology, child empowerment, learning strategies, games as educational tools, learning media, innovation in early childhood education, as well as various other fields related to Early Childhood Islamic Education.</p> <p><strong>E-ISSN</strong> <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20231118291015915">3031-268X</a>, P-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20240109411194513">3032-209X</a></strong></p> id-ID cepiramdani@albadar.ac.id (Cepi Ramdani, M. Pd) cip.edu.journal@albadar.ac.id (Jeje Zeanal Arifin, M. Pd.I) Wed, 18 Jun 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Kisah Nabi Dzulkifli Sebagai Pendekatan Islam Dalam Pendidikan Akhlakul Karimah Untuk Anak Usia Dini https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/316 <p>Penelitian ini berjudul kisah nabi Dzulkifli sebagai pendekatan islam dalam Pendidikan akhlakul karimah untuk anak usia dini, metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni studi pustaka (library research), yakni dengan mempelajari serta memahami teori-teori dari berbagai literatur yang berkaitan dengan penelitian tentang kisah nabi Dzulkifli sebagai pendekatan islam dalam Pendidikan akhlakul karimah untuk anak usia dini. Cara mengumpulkan datanya yaitu dengan cara mencari sumber dan menkontruksi dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, serta riset-riset yang sudah pernah dilakukan terlebih dahulu.</p> <p>Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kisah nabi Dzulkifli sebagai pendekatan islam dalam pendidikan akhlakul karimah untuk anak usia dini, Adapun hasil dalam penelitian ini yang terdapat pada surah Al-Anbiya ayat 85 – 86 dan surah shaad ayat 48. Dimana didalam surah tersebut membahas bahwa nabi Dzulkifli tergolong shaleh, sabar, dan baik. Ini membantu anak dalam membentuk pendidikan akhlakul karimahnya.</p> sitinur hijjatin Hak Cipta (c) 2025 Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/316 Wed, 18 Jun 2025 00:00:00 +0000 Nilai-nilai Pendidikan Karakter Religius untuk Anak Usia Dini dalam Serial Animasi Nussa dan Rara https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/321 <h1>Abstrak</h1> <p>Serial animasi <em>Nussa dan Rara</em> merupakan media edukasi yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter religius pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai karakter religius pada beberapa episode dalam animasi nusa dan rara. Dengan pendekatan kualitatif berbasis analisis konten audio-visual, penelitian ini mengkaji nilai-nilai religius seperti kesadaran spiritual, kebiasaan berdoa, keikhlasan, tanggung jawab, kejujuran, kepedulian sosial, serta pendidikan moral dan etika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animasi ini mengajarkan anak untuk menjalankan ibadah, membaca doa, bersikap amanah, serta menghargai hubungan dengan Tuhan, sesama, dan lingkungan. Serial ini juga memberikan kontribusi bagi orang tua dan guru dalam menanamkan karakter religius pada anak sejak dini. Dengan demikian, animasi <em>Nussa dan Rara</em> berperan sebagai alat bantu yang relevan dan efektif untuk pendidikan karakter di era modern.</p> Inne Rahma Hak Cipta (c) 2025 Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/321 Wed, 18 Jun 2025 00:00:00 +0000 The Influence of Gadget Use on Early Childhood Social Interaction: A Study on the Decline of Interest in Traditional Play https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/322 <p><em>This study aims to analyze the influence of gadget use on the social interaction of early childhood and the phenomenon of declining interest in traditional play. A quantitative method with an explanatory research approach was employed. The sampling technique used was probability sampling with a simple random sampling method. Instruments included questionnaires and tests. Data analysis prerequisites were tested using normality (Kolmogorov-Smirnov test) and linearity tests, while hypothesis testing utilized correlation and regression analysis with the assistance of SPSS version 26.</em> <em>The research was conducted at Kober Assa'idiyah, West Bandung Regency, with a population comprising all students and a sample of 20 participants. Results revealed that the data were normally distributed, with Kolmogorov-Smirnov significance values of 0.143 for gadget use and 0.200 for social interaction. Correlation analysis produced a Correlation Coefficient of 0.961, indicating a very strong and significant relationship between gadget use and social interaction. Regression analysis yielded the equation Y=13.506+0.902XY = 13.506 + 0.902XY=13.506+0.902X, meaning an increase of one unit in gadget use correlates with a 0.902 unit increase in social interaction. While gadget use has a significant impact, the study also highlights the importance of managing gadget use to avoid diminishing the quality of social interaction and interest in traditional play. The implications of this research underline the critical role of parents, educators, and policymakers in regulating gadget use to optimally support early childhood social development.</em></p> Ibnu Imam Al Ayyubi, Ai Sri Masfuroh, Firda Noerzanah, Nurhikmah, Anis Khan Hak Cipta (c) 2025 Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/322 Wed, 18 Jun 2025 00:00:00 +0000 Implementasi Lagu Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/326 <p>Anak usia dini berada pada periode emas perkembangan bahasa, sehingga pendekatan yang menarik dan menyenangkan sangat dibutuhkan. Lagu, dengan melodi dan ritmenya yang khas, menawarkan wadah yang ideal untuk memperkenalkan bahasa Inggris secara alami dan kontekstual. Untuk menggambarkan bagaimana bahasa Inggris dipelajari melalui lagu dalam upaya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak usia dini, penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. 20 anak dalam kelompok B dengan usia 5 sampai 6 tahun, berpartisipasi dalam penelitian di RA Perwanida Tepeng. Pentingnya pengajaran bahasa asing di usia muda dan fakta bahwa lagu dianggap sebagai alat pembelajaran bahasa yang menarik dan berhasil karena kualitasnya yang menyenangkan, dapat diulang, dan mudah diingat menjadi kekuatan pendorong untuk penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Reaksi anak-anak terhadap lagu-lagu berbahasa Inggris dan proses pelaksanaan pembelajaran menjadi topik utama observasi, wawancara, dan dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lagu bahasa Inggris mampu meningkatkan minat dan partisipasi anak dalam pembelajaran. Anak-anak lebih mudah menghafal kosakata dan kalimat sederhana melalui lagu, serta menunjukkan peningkatan dalam pengucapan (<em>pronunciation</em>) bahasa Inggris.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> <em>Anak usia dini<strong> ; </strong></em><em>Metode gerak dan lagu; Pembelajaran Bahasa Inggris</em></p> <p>&nbsp;</p> pipin srihandayani Hak Cipta (c) 2025 Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/326 Wed, 18 Jun 2025 00:00:00 +0000 Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Tematik untuk Optimalisasi Pembelajaran AUD di PAUD Al-Ghazali Pabuaran Subang https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/328 <p><strong>ABSTRAK:</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum tematik guna mengoptimalkan pembelajaran anak usia dini (AUD) di PAUD Al-Ghazali. Kurikulum tematik menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pengalaman belajar anak secara holistik, namun implementasinya masih menghadapi berbagai tantangan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dengan pendidik, serta analisis dokumen kurikulum yang digunakan.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum tematik di PAUD Al-Ghazali telah diterapkan sesuai dengan prinsip pembelajaran AUD, namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, seperti integrasi materi antar tema, fleksibilitas kurikulum, serta keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran. Selain itu, evaluasi juga mengungkap bahwa metode asesmen dalam kurikulum perlu diperbaharui agar lebih sesuai dengan karakteristik perkembangan anak. Berdasarkan temuan ini, pengembangan kurikulum dilakukan dengan memperkuat keterpaduan tema, meningkatkan kreativitas metode pembelajaran, serta mengoptimalkan peran guru dan lingkungan dalam mendukung eksplorasi anak.</p> <p>Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa evaluasi dan pengembangan kurikulum tematik sangat penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran AUD. Rekomendasi yang diberikan diharapkan dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan dalam menyusun kurikulum yang lebih adaptif dan berkualitas.</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong>&nbsp;evaluasi kurikulum, kurikulum tematik, pembelajaran AUD, pengembangan kurikulum.</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong><strong>:</strong></p> <p><em>This study aims to evaluate and develop a thematic curriculum to optimize early childhood education (ECE) learning at PAUD Al-Ghazali. Thematic curriculum is an effective approach to enhancing children's holistic learning experiences; however, its implementation still faces various challenges. This research employs a qualitative descriptive method with a case study approach. Data collection techniques include observations, interviews with educators, and an analysis of the curriculum documents used.</em></p> <p><em>The findings indicate that the thematic curriculum at PAUD Al-Ghazali has been implemented in accordance with ECE learning principles. However, some aspects require improvement, such as the integration of materials across themes, curriculum flexibility, and parental involvement in the learning process. Additionally, the evaluation reveals that assessment methods within the curriculum need to be updated to better align with children's developmental characteristics. Based on these findings, curriculum development focuses on strengthening thematic integration, enhancing creative teaching methods, and optimizing the role of teachers and the learning environment in supporting children's exploration.</em></p> <p><em>This study concludes that evaluating and developing the thematic curriculum is essential for improving the effectiveness of ECE learning. The recommendations provided are expected to serve as a reference for educational institutions in designing a more adaptive and high-quality curriculum.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: curriculum evaluation, thematic curriculum, ECE learning, curriculum development.</em></p> Siti Hamilatul Barokah, Eni Nuraeni, Cepi Ramdani Hak Cipta (c) 2025 Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/328 Wed, 18 Jun 2025 00:00:00 +0000 Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Kartu Suku Kata Bergambar Di Raudatul Athfal Darussalam Kota Siantar https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/332 <p>ABSTRAK</p> <p>&nbsp;Artikel ini bertujuan untuk mengenal peningkatan kemampuan membaca anak usia dini melalui pengunaan media kartu suku kata bergambar di RA darussalam kotasiantar. Metode penelitian yang di suatu adalah penelitian tindakan kelas, Setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, hasil observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media suku kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini di RA Darussalam dapat dibuktikan dengan bahwa, dari 19 siswa terdapat 18 orang siswa yang tuntas dalam belajar kemampuan membaca permulaan dengan nilai 75% ke atas, sedangkan 1 anak lainnya belum tuntas belajar dan mendapatkan nilai di bawah 75%. Pada siklus II ini ketuntasan siswa secara klasikal sudah mencapai kriteria ketuntasan yang yaitu 94,73%, dan berdasarkan kriteria ketentusan klasikal yang ditetapkan pada penelitian ini adalah satu kelas dinyatakan tuntas apabila 85% anak telah tuntas belajar (ketuntasan klasikal). 2) kesulitan penggunaan media suku kata bergambar pada peningkatan kemampuan membaca AUD di RA Darussalam yaitu: Setiap anak memiliki tingkat perkembangan yang berbeda-beda, Anak cenderung tidak bisa dikontrol, Anak kesulitan dalam menggabungkan suku kata, Anak kurang aktif saat diberi kesempatan untuk membaca dan hanya beberapa siswa yang berani maju di depan kelas.</p> <p>Kata Kunci: Membaca, ????????????, Media, Kartu Suku Kata.</p> <p>ABSTRACT</p> <p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; This article aims to recognize the improvement of early childhood reading skills through the use of illustrated syllable card media at RA Darussalam Kotasiantar. The research method used is classroom action research , Each cycle carried out in this study consists of 4 stages, namely: action planning, action implementation, observation results and reflection. The results of this study indicate that: 1) The use of illustrated syllable media can improve the reading skills of early childhood children at RA Darussalam can be proven by the fact that, out of 19 students, 18 students have completed learning initial reading skills with a score of 75% and above, while 1 other child has not completed learning and gets a score below 75%. In this second cycle, the classical student completion has reached the completion criteria, which is 94.73%, and based on the classical provision criteria set in this study, one class is declared complete if 85% of children have completed learning (classical completion). 2) The difficulties of using illustrated syllable media to improve AUD reading skills at RA Darussalam are: Each child has a different level of development, Children tend to be uncontrollable, Children have difficulty combining syllables, Children are less active when given the opportunity to read and only a few students dare to come forward to the front of the class.</p> <p>Keywords: Reading, early childhood, Media, Syllable Cards.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> nikmah-khaorani khairani Hak Cipta (c) 2025 Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/332 Wed, 18 Jun 2025 00:00:00 +0000 POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK SPEECH DELAY DI TK ISLAM BUDI MULYA https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/347 <p>Keterlambatan bicara (speech delay) adalah salah satu gangguan perkembangan anak. Pola pengasuhan memberikan pengaruh dalam perkembangan anak speech delay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua yang memiliki anak speech delay di TK Islam Budi Mulya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang memiliki anak speech delay di TK Islam Budi Mulya memberikan pola asuh permisif. Pola asuh permisif yang diberikan orang tua pada anaknya speech delay memiliki karakter : 1). Orang tua memiliki keterbatasan waktu dalam berinteraksi dengan anak 2). Pemenuhan kebutuhan anak dilayani oleh budhenya di rumah, 3). Orang tua jarang berkomunikasi dengan anaknya.</p> <p><strong>Keywords:</strong> <em>parenting style, speech delay, early childhood</em></p> Dwi Yunitasari Hak Cipta (c) 2025 Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/347 Thu, 19 Jun 2025 00:00:00 +0000 Efektifitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Balok Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spasial Anak Usia Dini Di KB Ar-Rahmah Karangboyo https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/348 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan balok dalam meningkatkan kecerdasan spasial anak usia dini di KB Ar-Rahmah Karangboyo. Menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran berbasis balok mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep ruang, bentuk, ukuran, dan posisi. Anak-anak yang rutin menggunakan balok menunjukkan perkembangan spasial yang lebih signifikan dibandingkan dengan anak-anak yang tidak terlibat dalam permainan balok. Keberhasilan penggunaan balok dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kualitas media, pendampingan guru, frekuensi penggunaan, lingkungan belajar, dan interaksi teman sebaya. Dengan demikian, penggunaan balok sebagai media pembelajaran sangat efektif dalam mendukung perkembangan kecerdasan spasial anak usia dini.</p> Jihan Nabillatur Rafifah Hak Cipta (c) 2025 Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/348 Thu, 19 Jun 2025 00:00:00 +0000 MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PLASTISIN PADA ANAK USIA DINI https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/349 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran melalui permainan plastisin yang dilakukan di TK. Lebih lanjut adalah memaparkan keterkaitan pelaksanaan permainan plastisin terhadap peningkatan kreatifitas anak usia dini di lembaga TK PKK Tunas Bangsa. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber primer penelitian meliputi, kepala sekolah dan fasilitator lembaga pendidikan TK PKK Tunas Bangsa. Lebih lanjut tahapan dalam bermain plastisin terbagi menjadi tiga yaitu, tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga tahapan tersebut memberikan peranan penting dan saling berkaitan jika ditinjau berdasarkan indikator tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya yaitu mengembangkan kemampuan kreatifitas anak.</p> Rita Astutik Hak Cipta (c) 2025 Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/349 Thu, 19 Jun 2025 00:00:00 +0000 ZONA PERKEMBANGAN PROKSIMAL LEV VYGOTSKY: BAGAIMANA TEORI INI BERPERAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK USIA DINI https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/351 <p>Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Zona Perkembangan Proksimal Lev Vygotsky Bagaimana Teori Ini Berperan Dalam Pendidikan Islam Bagi Anak Usia Dini. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa konsep penting yang diperkenalkan oleh Lev Vygotsky dalam teori pembelajaran sosial-kulturalnya, yang sangat relevan dalam pendidikan anak usia dini. ZPD mengacu pada rentang tugas atau aktivitas yang terlalu sulit bagi anak untuk diselesaikan secara mandiri, tetapi dapat dicapai dengan bantuan atau panduan dari orang dewasa, seperti guru atau orang tua, atau melalui kolaborasi dengan teman sebaya yang lebih kompeten. Konsep ini menekankan bahwa pembelajaran tidak hanya terjadi secara individu, tetapi juga melalui interaksi sosial yang penuh makna. Dalam konteks pendidikan anak usia dini, ZPD menjadi alat yang efektif untuk merancang pengalaman belajar yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Misalnya, ketika seorang anak kesulitan memahami konsep angka, guru dapat memberikan scaffolding—yaitu dukungan yang berupa penjelasan sederhana, demonstrasi praktis, atau penggunaan alat peraga visual sehingga anak mampu menguasai konsep tersebut secara mandiri. Melalui pendekatan ini, anak tidak hanya belajar dan memperoleh pengetahuan saja tetapi juga keterampilan baru, dan juga mengembangkan kemampuan berpikir logis dan kritis. Oleh karenanya, ZPD menunjukkan pentingnya lingkungan belajar yang mendukung, di mana anak merasa aman untuk mencoba hal-hal baru tanpa takut gagal. Dengan demikian, teori Vygotsky menawarkan kerangka kerja holistik yang mengintegrasikan aspek sosial, emosional, dan kognitif dalam proses belajar anak usia dini, sehingga perkembangan mereka dapat dioptimalkan secara maksimal.</p> hanan msthaffiroh, Nasikhin Nasikhin, Arsan Shanie shanie Hak Cipta (c) 2025 Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/351 Thu, 19 Jun 2025 00:00:00 +0000