Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Tematik untuk Optimalisasi Pembelajaran AUD di PAUD Al-Ghazali Pabuaran Subang
Abstrak
ABSTRAK:
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum tematik guna mengoptimalkan pembelajaran anak usia dini (AUD) di PAUD Al-Ghazali. Kurikulum tematik menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pengalaman belajar anak secara holistik, namun implementasinya masih menghadapi berbagai tantangan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dengan pendidik, serta analisis dokumen kurikulum yang digunakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum tematik di PAUD Al-Ghazali telah diterapkan sesuai dengan prinsip pembelajaran AUD, namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, seperti integrasi materi antar tema, fleksibilitas kurikulum, serta keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran. Selain itu, evaluasi juga mengungkap bahwa metode asesmen dalam kurikulum perlu diperbaharui agar lebih sesuai dengan karakteristik perkembangan anak. Berdasarkan temuan ini, pengembangan kurikulum dilakukan dengan memperkuat keterpaduan tema, meningkatkan kreativitas metode pembelajaran, serta mengoptimalkan peran guru dan lingkungan dalam mendukung eksplorasi anak.
Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa evaluasi dan pengembangan kurikulum tematik sangat penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran AUD. Rekomendasi yang diberikan diharapkan dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan dalam menyusun kurikulum yang lebih adaptif dan berkualitas.
Kata Kunci : evaluasi kurikulum, kurikulum tematik, pembelajaran AUD, pengembangan kurikulum.
ABSTRACT:
This study aims to evaluate and develop a thematic curriculum to optimize early childhood education (ECE) learning at PAUD Al-Ghazali. Thematic curriculum is an effective approach to enhancing children's holistic learning experiences; however, its implementation still faces various challenges. This research employs a qualitative descriptive method with a case study approach. Data collection techniques include observations, interviews with educators, and an analysis of the curriculum documents used.
The findings indicate that the thematic curriculum at PAUD Al-Ghazali has been implemented in accordance with ECE learning principles. However, some aspects require improvement, such as the integration of materials across themes, curriculum flexibility, and parental involvement in the learning process. Additionally, the evaluation reveals that assessment methods within the curriculum need to be updated to better align with children's developmental characteristics. Based on these findings, curriculum development focuses on strengthening thematic integration, enhancing creative teaching methods, and optimizing the role of teachers and the learning environment in supporting children's exploration.
This study concludes that evaluating and developing the thematic curriculum is essential for improving the effectiveness of ECE learning. The recommendations provided are expected to serve as a reference for educational institutions in designing a more adaptive and high-quality curriculum.
Keywords: curriculum evaluation, thematic curriculum, ECE learning, curriculum development.