Implementasi Lagu Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini

Authors

  • pipin srihandayani Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Abstract

Anak usia dini berada pada periode emas perkembangan bahasa, sehingga pendekatan yang menarik dan menyenangkan sangat dibutuhkan. Lagu, dengan melodi dan ritmenya yang khas, menawarkan wadah yang ideal untuk memperkenalkan bahasa Inggris secara alami dan kontekstual. Untuk menggambarkan bagaimana bahasa Inggris dipelajari melalui lagu dalam upaya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak usia dini, penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. 20 anak dalam kelompok B dengan usia 5 sampai 6 tahun, berpartisipasi dalam penelitian di RA Perwanida Tepeng. Pentingnya pengajaran bahasa asing di usia muda dan fakta bahwa lagu dianggap sebagai alat pembelajaran bahasa yang menarik dan berhasil karena kualitasnya yang menyenangkan, dapat diulang, dan mudah diingat menjadi kekuatan pendorong untuk penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Reaksi anak-anak terhadap lagu-lagu berbahasa Inggris dan proses pelaksanaan pembelajaran menjadi topik utama observasi, wawancara, dan dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lagu bahasa Inggris mampu meningkatkan minat dan partisipasi anak dalam pembelajaran. Anak-anak lebih mudah menghafal kosakata dan kalimat sederhana melalui lagu, serta menunjukkan peningkatan dalam pengucapan (pronunciation) bahasa Inggris.

 

 

Kata Kunci : Anak usia dini ; Metode gerak dan lagu; Pembelajaran Bahasa Inggris

 

Published

2025-06-18