Analisis Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren Salaf (Studi di MAS Al-Hamidiyah Cipancur Tasikmalaya)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis struktur kurikulum Bahasa Arab di MAS Al-Hamidiyah Cipancur, sebuah madrasah aliyah berbasis pesantren salaf di Kp. Cipancur Desa Sirnasari Kec. Sariwangi, Kab. Tasikmalaya. Kajian difokuskan pada model kurikulum, perumusan tujuan, materi pembelajaran, metodologi, dan evaluasi yang diterapkan guru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum Bahasa Arab di madrasah ini menerapkan model kombinatif yang mengintegrasikan standar nasional KMA 183/184 dengan tradisi pesantren salaf. Kurikulum tersebut kuat dalam literasi kitab kuning dan penguasaan struktur bahasa, namun pengembangan keterampilan komunikatif masih terbatas. Temuan ini menunjukkan perlunya penguatan integrasi kurikulum, metode pembelajaran komunikatif, dan evaluasi berbasis keterampilan bahasa agar pembelajaran Bahasa Arab di madrasah berbasis pesantren dapat berkembang secara lebih seimbang.