Ta'bir Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat <table style="font-size: 0.875rem;" width="100%"> <tbody> <tr class="heading" valign="top"> <td width="10%"> </td> <td width="20%"> <table> <tbody> <tr> <td align="left">Original title</td> <td>:</td> <td>Ta'bir Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban</td> </tr> <tr> <td align="left">English title</td> <td>:</td> <td>Ta'bir Al-'Arabiyyah: Journal of Arabic Language Education and Arabic Linguistics</td> </tr> <tr> <td align="left">Short title</td> <td>:</td> <td>Ta'bir Al-'Arabiyyah</td> </tr> <tr> <td align="left">Accreditation </td> <td>:</td> <td><strong>-</strong></td> </tr> <tr> <td align="left">Frequency</td> <td>:</td> <td>2 issues per year (June &amp; December)</td> </tr> <tr> <td align="left">Number of articles per issue</td> <td>:</td> <td> <p>10 research articles and reviews per issue</p> </td> </tr> <tr> <td align="left">DOI</td> <td>:</td> <td><strong>-</strong></td> </tr> <tr> <td align="left">P-ISSN</td> <td>:</td> <td><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20240608091198758" target="_blank" rel="noopener">3048-3018</a></td> </tr> <tr> <td align="left">E-ISSN</td> <td>:</td> <td><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20231202312068941" target="_blank" rel="noopener">3031-1284</a></td> </tr> <tr> <td align="left">EIC</td> <td>:</td> <td><a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=gQ-aUMAAAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener">Dasep Bayu Ahyar</a></td> </tr> <tr> <td align="left">Publisher</td> <td>:</td> <td><a href="https://pba.albadar.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAI Al Badar Cipulus Purwakarta</a> Collaboration with <a href="https://ppjkba.or.id/2024/08/03/tabir-al-arabiyyah-jurnal-pendidikan-bahasa-arab-dan-ilmu-kebahasaaraban/" target="_blank" rel="noopener">PPJKBA</a></td> </tr> <tr> <td align="left">Citation Analysis</td> <td>:</td> <td><a href="https://scholar.google.com/citations?user=H84SR5sAAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a>, <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/37239" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a></td> </tr> <tr> <td align="left">Language</td> <td>:</td> <td>we accepted the manuscript in English, Arabic, and Indonesian</td> </tr> <tr> <td align="left">Aims &amp; Scope</td> <td>:</td> <td> <p>This journal focuses on Arabic learning issuesat schools, madrassas, and/or Islamic boarding schools (<em>pesantren</em>) in Southeast Asia</p> </td> </tr> </tbody> </table> </td> </tr> </tbody> </table> id-ID [email protected] (Moh. Yandi Ramdhani) [email protected] (Umnah) Fri, 13 Dec 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pembelajaran Tata Bahasa Arab dalam Kitab Al-Jurumiyah karya Imam Shonhaji https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/247 <p>Pembalajaran Tata Bahasa Arab di pesantren maupun madrasah diniyah untuk tingkat pemula biasanya menggunakan Kitab Al-Jurumiyah karya Syaikh Abu Abdillah bin Daud As-Shonhaji. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan ini menggali tentang isi dari kitab tersebut. Analisa datanya menggunakan analisis isi dengan memilah-milah data yang sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini menghasilkan beberapa hal beriku. Pertama, bahwa <em>Kitab Al-Jurumiyah</em> merupakan sebuah kitab untuk pemula bagi peserta didik yang ingin mempelajari tata Bahasa Arab. Biasanya kitab tersebut digunakan di pesantren-pesantren maupun madrasah diniyah, terutama untuk madrasah diniyah kelas pemula. Kedua, kitab tersebut menuturkan 27 bab, antara lain: kalam, i’rab, tanda-tanda i’rab, macam kalimat fiil, isim-isim yang dirafa’kan, fa’il, maf’ul yang tidak disebut fa’ilnya, mubtada’ dan khabar, amil-amil yang masuk pada mubtada’ dan khabar, na’at, isim makrifat, isim nakirah, athaf, taukid, badal, isim-isim yang dibaca nashab, maf’ul bih, mashdar, dzaraf zaman, hal, tamyiz, istitsna’, isim nakirah tanpa tanwin dengan syarat isim nakirahnya muttasil, dan lafadz <em>laa</em> tidak berulang-ulang, munada, maf’ul min ajlihi, maf’ul ma’ah, dan lafadz-lafadz yang dijarkan.</p> Arif Muzayin Shofwan, Rina Insani Setyowati, Choirul Hidayah, Agus Adam Malik Hak Cipta (c) 2024 Ta'bir Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/247 Wed, 18 Dec 2024 00:00:00 +0000 Learning Media Development Project Based on Demonstrative Tools https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/229 <p>The abstract focuses on a "Learning Media Development Project Based on Demonstrative Tools," exploring the development and impact of educational media using demonstrative tools. The study aims to enhance teaching effectiveness through innovative media approaches in education. Qualitative document studies were employed to analyze existing educational practices and assess the integration of demonstrative tools. The research findings highlight the significant role of these tools in improving conceptual understanding and student engagement. By utilizing demonstrative tools, educators can create dynamic learning environments that foster interactive learning experiences. The impact of this approach is evident in its ability to facilitate clearer comprehension of complex concepts and enhance overall educational quality. In conclusion, the research underscores the importance of integrating demonstrative tools into educational practices to meet evolving learning needs and improve educational outcomes effectively</p> Muhammad Zaki, Arsyad Muhammad Ali Ridho Hak Cipta (c) 2024 Ta'bir Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/229 Wed, 18 Dec 2024 00:00:00 +0000 Konsep Umum Prosedur Penerjemahan Dalam Bahasa Arab https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/268 <p>Penerjemahan adalah proses yang kompleks, tidak hanya mengalihkan kata dari satu bahasa ke bahasa lain tetapi juga memahami konteks budaya dan struktural dari kedua bahasa. Dalam dunia penerjemahan, prosedur dan metode menjadi dua aspek penting yang sering dibahas. Prosedur penerjemahan fokus pada elemen bahasa yang lebih kecil, seperti kata, frasa, dan klausa, sedangkan metode mencakup teks secara keseluruhan. Makalah ini menjelaskan pengertian prosedur penerjemahan, perbedaannya dengan metode, dan beberapa jenis prosedur utama, seperti prosedur literal, transfer, ekuivalensi budaya, modulasi, dan transposisi. Setiap prosedur memiliki aplikasi dan manfaat unik dalam menjaga keakuratan makna, menyesuaikan perubahan gramatikal, dan mempertimbangkan konteks budaya. Selain itu, penerjemahan sering kali memerlukan kombinasi beberapa prosedur untuk mengatasi berbagai tantangan linguistik dan budaya. Dengan pemahaman mendalam tentang prosedur ini, penerjemah dapat menghasilkan karya yang akurat, alami, dan sesuai dengan bahasa target serta budaya pembaca. Penelitian ini menekankan pentingnya keahlian penerjemah dalam memanfaatkan prosedur dan metode secara strategis untuk meningkatkan kualitas hasil terjemahan.<em>.</em></p> Shilvy Muhda Sabila, Mohammad Nu’man Hak Cipta (c) 2024 Ta'bir Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/268 Wed, 18 Dec 2024 00:00:00 +0000 Problematika dan Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa MA Mazroatul Huda Karanganyar Demak https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/244 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan solusi yang tepat terhadap pembelajaran bahasa Arab di MA Mazroatul Huda Karanganyar Demak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan dan masalah pembelajaran bahasa Arab di MA Mazroatul Huda Karanganyar Demak dapat dibagi menjadi dua bagian umum. Pertama, dari segi pendidik, meliputi: a) kesiapan sebelum pembelajaran,b) metode pengajaran yang digunakan,c) keterbatasan sarana dan prasarana dalam PBA.Sedangkan dari segi peserta didik, meliputi:a) kurangnya kemauan dan kesungguhan peserta didik,b) perbedaan latar belakang,c) kurangnya perhatian dari guru dan orang tua.Solusi yang disarankan adalah:1)persiapan yang matang bagi guru,2) penerapan metode pengajaran yang efisien dan efektif,3) penyediaan fasilitas yang mendukung peserta didik,4) memberikan motivasi sebelum memulai materi,5) memperhatikan latar belakang setiap siswa, dan 6) memberikan perhatian lebih kepada para siswa. Diharapkan penelitian ini dapat menambah wawasan dan menjadi sumbangan pemikiran untuk meningkatkan upaya sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran, terutama pada pelajaran bahasa Arab. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dalam mengajar sehingga tujuan pembelajaran bahasa Arab dapat tercapai dengan baik dan efisien.</p> M.Fadhla Rizqi Ferdiansyah, David Ari Setyawan Hak Cipta (c) 2024 Ta'bir Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/244 Wed, 18 Dec 2024 00:00:00 +0000 Upaya Peningkatkan Perbendaharaan Mufrodat Melalui Program Diniyyah di Pondok Pesantren Mutiara Qur’an Pengok Yogyakarta https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/280 <p>Keterampilan berbahasa Arab, secara tidak langsung akan memudahkan seseorang berkomunikasi dengan baik. Salah satu aspek terpenting agar tercapainya komunikasi yang baik, diperlukan suatu perbendaharaan kata bahasa Arab yang banyak. Mufrodat (kosakata bahasa Arab) merupakan salah satu unsur terpenting agar terciptanya komunikasi yang baik. Melalui mufrodat, seseorang akan mampu berinteraksi dan berkomukasi dengan banyak orang. Artinya, salah satu kemahiran berbahasa Arab yaitu berbicara tidak akan berjalan tanpa didukung adanya pengetahuan tentang mufrodat. Selain itu, dengan perbendaraan kata yang dimiliki, seseorang akan terbantu ketika ingin menulis serta belajar tentang bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perbendaharaan mufrodat melalui program diniyyah di pondok pesantren Mutiara Qur’an Pengok. Penelitian ini berfokus pada permasalahan: Pertama, bagaimana proses pembelajaran program diniyyah dalam upaya meningkatkan perbendaharaan mufrodat. Kedua, apakah ada peningkatan yang signifikan terhadap perbendaharaan mufrodat melalui program diniyyah. Penilitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan responden 1 mahasantri, 1 ustadz pengajar di pondok pesantren Mutiara Qur’an. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara, dengan judul “Upaya Peningkatan Perbendaharaan Mufrodat Melalui Program Diniyyah”. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dihasilkan bahwa: pertama, metode yang dilakukan sangat membantu mahasantri dalam meningkatkan perbendaharaan mufrodat. Kedua, ada peningkatan yang cukup signifikan terhadap perbendaharaan mufrodat&nbsp; melalui program diniyyah</p> Mesi Ardila, Ita Rodiah Hak Cipta (c) 2024 Ta'bir Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/280 Wed, 18 Dec 2024 00:00:00 +0000