https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/issue/feed Ta'bir Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban 2025-06-13T03:10:04+00:00 Moh. Yandi Ramdhani yandiramdhani@albadar.ac.id Open Journal Systems <table style="font-size: 0.875rem;" width="100%"> <tbody> <tr class="heading" valign="top"> <td width="10%"> </td> <td width="20%"> <table style="height: 659px;" width="567"> <tbody> <tr> <td align="left">Original title</td> <td>:</td> <td>Ta'bir Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban</td> </tr> <tr> <td align="left">English title</td> <td>:</td> <td>Ta'bir Al-'Arabiyyah: Journal of Arabic Language Education and Arabic Linguistics</td> </tr> <tr> <td align="left">Short title</td> <td>:</td> <td>Ta'bir Al-'Arabiyyah</td> </tr> <tr> <td align="left">Accreditation </td> <td>:</td> <td><strong>-</strong></td> </tr> <tr> <td align="left">Frequency</td> <td>:</td> <td>2 issues per year (June &amp; December)</td> </tr> <tr> <td align="left">Number of articles per issue</td> <td>:</td> <td> <p>10 research articles and reviews per issue</p> </td> </tr> <tr> <td align="left">DOI</td> <td>:</td> <td><strong>-</strong></td> </tr> <tr> <td align="left">P-ISSN</td> <td>:</td> <td><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20240608091198758" target="_blank" rel="noopener">3048-3018</a></td> </tr> <tr> <td align="left">E-ISSN</td> <td>:</td> <td><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20231202312068941" target="_blank" rel="noopener">3031-1284</a></td> </tr> <tr> <td align="left">EIC</td> <td>:</td> <td><a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=gQ-aUMAAAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener">Dasep Bayu Ahyar</a></td> </tr> <tr> <td align="left">Publisher</td> <td>:</td> <td><a href="https://pba.albadar.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAI Al Badar Cipulus Purwakarta</a> Collaboration with <a href="https://ppjkba.or.id/2024/08/03/tabir-al-arabiyyah-jurnal-pendidikan-bahasa-arab-dan-ilmu-kebahasaaraban/" target="_blank" rel="noopener">PPJKBA</a></td> </tr> <tr> <td align="left">Citation Analysis</td> <td>:</td> <td><a href="https://scholar.google.com/citations?user=H84SR5sAAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a>, <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/37239" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a></td> </tr> <tr> <td align="left">Language</td> <td>:</td> <td>we accepted the manuscript in English, Arabic, and Indonesian</td> </tr> <tr> <td align="left">Aims &amp; Scope</td> <td>:</td> <td> <p>This journal focuses on Arabic learning issuesat schools, madrassas, and/or Islamic boarding schools (<em>pesantren</em>) in Southeast Asia</p> </td> </tr> </tbody> </table> </td> </tr> </tbody> </table> https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/361 Analisis Musnad dan Musnad Ilaih pada Kitab Risalah Al-Mu'awanah bab Tilawah Al-Qur'an 2025-06-08T04:45:27+00:00 Januar Yunamto yunamtojanuar@gmail.com Darwisy Muhammad Ghilman ghilmandarwisy@gmail.com <p style="margin-left: 35.45pt; text-align: justify; text-indent: .55pt;">Penelitian mengenai musnad dan musnad ilaih dalam Kitab Risalah Al-Mu'awanah Bab Tilawah Al-Qur'an belum ditemukan. Konsep-konsep dalam musnad dan musnad ilaih juga masih belum dipahami oleh sebagian mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi musnad dan musnad ilaih dalam Kitab Risalah Al-Mu'awanah Bab Tilawah Al-Qur'an. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), yaitu mengumpulkan data dari berbagai literatur dengan sumber data primer kitab Risalah Al-Muawanah yang ditulis oleh Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad. Adapun sumber data sekundernya adalah jurnal, buku, artikel yang membahas tentang musnad dan musnad ilaih serta semua sumber yang berkaitan dengannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 43 susunan musnad dan musnad ilaih yang terdiri dari susunan mubtada' dan khabar, fi'il dan fa'il, majhul fi'il dan na'ib al-fa'il, isim kaana dan khabar kaana, isim inna dan khabar inna. Dan ahwal yang tidak sesuai dengan kaidah aslinya, yaitu membuang musnad ilaih dan mendahulukan musnad ilaih serta mendahulukan musnad ilaih.</p> 2025-06-08T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Ta'bir Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/345 Analisis Pemanfaatan Video Kartun Berbahasa Arab Untuk Meninggkatkan Keterampilan Bebicara Siswi Tingkat Menegah 2025-04-30T15:56:25+00:00 aulidina nurfazri 452024817024@student.unida.gontor.ac.id Rahmat Hidayat 452024817024@student.unida.gontor.ac.id <p>Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif untuk mengevaluasi penggunaan video kartun berbahasa Arab dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara (<em>maharah kalam</em>) siswi tingkat menengah. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan siswi, observasi pelajaran bahasa Arab, serta dokumentasi proses pembelajaran. Temuan lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar siswi memberikan respons positif terhadap pemanfaatan media video kartun: mereka menjadi lebih bersemangat, termotivasi, dan mengalami peningkatan dalam pemahaman kosakata maupun struktur kalimat. Beberapa siswi juga mengaku lebih mudah menirukan intonasi dan memperkaya kosakata setelah mengikuti dialog dalam kartun. Meski demikian, ada kendala yang muncul, seperti kecepatan pelafalan penutur asli dalam video yang sulit diikuti serta keterbatasan fasilitas (misalnya koneksi internet dan ketersediaan proyektor). Berdasarkan analisis tematik, video kartun dinilai efektif sebagai media&nbsp; pembelajaran <em>maharah kalam</em> karena perpaduan elemen visual dan audio-nya mampu memotivasi siswi serta menyajikan materi secara lebih menarik dan mudah dipahami.</p> 2025-06-02T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Ta'bir Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/366 Taysbih dalam Kajian Linguistik Arab: Telaah Semantik dan Retorika dalam Al-Qur’an Surat Ar-Rahman 2025-06-13T03:10:04+00:00 Ahmad Dzaky Mubarok dzackmubarak@gmail.com Maimun Muzaka maimunmuzaka9@gmail.com <p>Kajian linguistik terhadap Al-Qur’an khususnya Surat Ar-Rahman semakin mendapat <br />perhatian mengingat kekayaan bahasa dan kedalaman makna yang tersimpan di dalamnya. Urgensi <br />penelitian ini terletak pada pentingnya memahami peran tasybih sebagai perangkat semantik dan <br />retoris dalam memperkuat pesan spiritual surat tersebut. Tujuan utama artikel ini adalah untuk <br />mengkaji secara mendalam fungsi dan makna tasybih dalam Surat Ar-Rahman melalui pendekatan <br />linguistik Arab, khususnya dari perspektif semantik dan retorika. Metode yang digunakan adalah <br />penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan analisis <br />teks Al-Qur’an secara mendalam, kemudian dianalisis menggunakan teori semantik dan retorika <br />klasik Arab. Temuan utama menunjukkan bahwa tasybih dalam Surat Ar-Rahman tidak hanya <br />berfungsi sebagai hiasan bahasa, melainkan juga sebagai alat retoris yang efektif dalam <br />menyampaikan makna teologis dan estetika secara simultan. Kajian ini memberikan kontribusi <br />signifikan terhadap pemahaman linguistik Al-Qur’an serta membuka peluang pengembangan studi <br />interdisipliner dalam bidang bahasa, tafsir, dan sastra Islam. Kesimpulannya, tasybih dalam Surat <br />Ar-Rahman merupakan fenomena linguistik yang kompleks dan strategis, yang perlu diteliti lebih <br />lanjut untuk memperkaya ilmu bahasa dan tafsir kontemporer. Penelitian selanjutnya disarankan <br />untuk menggabungkan pendekatan kontekstual dan sosiokultural yang lebih luas.</p> 2025-06-16T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Ta'bir Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/346 Konsep Media Pembelajaran dalam Al-Qur’an 2025-05-02T22:41:35+00:00 Ubay Abdillah Ubayabdillah11@gmail.com <p>Melalui pembelajaran manusia khususnya muslim bisa mengetahui pengetahuan yang terdapat dala al-Qur’an. Dalam al-Quran surat An-Nahl ayat 78 dijelaskan perihal bagaimana manusia diciptakan yang tidak memiliki sedikitpun pengetahuan. Akan tetapi Allah memberinya dengan berbagai fasilitas yang begitu luar biasa sehingga mampu mengakses ilmu pengetahuan, yaitu; Penddengaran, Penglihatan, dan hati. Yang mana Sayyid Quthub menjadikan ayat ini sebagai pemaparan contoh sederhana dalam kehidupan manusia yang tidak dapat terjangkau oleh manusia, yakni kelahiran, padahal itu terjadi setiap saat. Mungkin manusia dapat melihat tahap pertumbuhan janin, tetapi dia tidak mengetahui bagaimana hal tersebut terjadi, karena rahasianya merupakan rahasia kehidupan. <em>as-sama’ </em>dengan bentuk tunggal dan menempatkannya sebelum kata <em>al-abshar </em>yang berbentuk jamak serta <em>al-af’idah </em>yang juga berbentuk jamak. Makna ini dapat diterima jika yang dimaksud dengannya adalah gabungan daya pikir dan daya <em>qalbu</em>, yang menjadikan seseorang terikat sehingga tidak terjerumus dalam kesalahan dan kedurhakaan. Dengan demikian tercakup dalam pengertiannya potensi meraih ilham dan percikan cahaya ilahi. Didahulukannya kata pendengaran atas penglihatan, merupakan perurutan yang sungguh tepat, karena memang ilmu kedokteran modern membuktikan bahwa indera pendengaran berfungsi mendahului indera penglihatan.</p> 2025-05-05T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Ta'bir Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban https://journal.albadar.ac.id/index.php/Attabirat/article/view/340 Pemanfaatan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Artificial Intelligence Melalui Aplikasi Canva 2025-02-16T23:46:19+00:00 Siti Nurhasanah sitinurhasanah49081@gmail.com Dede Pahrudin fakhruraazy27@gmail.com <p>This research explores the use of Artificial Intelligence (AI) based Arabic language learning media through the Canva application. This research aims to analyze the importance of media in learning and also the use of ArtificiaI Intelligence (AI) based media in the Canva application.&nbsp; This type of research is qualitative with observation, interview and documentation methods.&nbsp; The object of this research was carried out at Madrasah Tsanawiyah Harapan Baru.&nbsp; Data analysis techniques using data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions.&nbsp; There are several things that can be concluded from this research, namely: 1) The Importance of Media in Learning: Media plays an important role in learning, with the aim of not only conveying information but also making learning more interesting and enjoyable.&nbsp; 2) The use of Artificial Intelligence (AI) based media in the Canva application has a big impact when creating learning media that makes learning activities more interesting, interactive and develops better learning strategies.</p> 2025-06-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Ta'bir Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Kebahasaaraban