Analisis Pemanfaatan Video Kartun Berbahasa Arab Untuk Meninggkatkan Keterampilan Bebicara Siswi Tingkat Menegah
Kata Kunci:
Video kartun, keterampilan berbicara, pembelajaran audiovisualAbstrak
Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif untuk mengevaluasi penggunaan video kartun berbahasa Arab dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara (maharah kalam) siswi tingkat menengah. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan siswi, observasi pelajaran bahasa Arab, serta dokumentasi proses pembelajaran. Temuan lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar siswi memberikan respons positif terhadap pemanfaatan media video kartun: mereka menjadi lebih bersemangat, termotivasi, dan mengalami peningkatan dalam pemahaman kosakata maupun struktur kalimat. Beberapa siswi juga mengaku lebih mudah menirukan intonasi dan memperkaya kosakata setelah mengikuti dialog dalam kartun. Meski demikian, ada kendala yang muncul, seperti kecepatan pelafalan penutur asli dalam video yang sulit diikuti serta keterbatasan fasilitas (misalnya koneksi internet dan ketersediaan proyektor). Berdasarkan analisis tematik, video kartun dinilai efektif sebagai media pembelajaran maharah kalam karena perpaduan elemen visual dan audio-nya mampu memotivasi siswi serta menyajikan materi secara lebih menarik dan mudah dipahami.