Pengembangan Materi Ajar Bahasa Arab Interaktif dengan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa Kelas VIII MTs Nurul Qur’an

Penulis

  • Riyan Haqi Khoerul Anwar STAI Al Badar
  • Umnah
  • Revalina Nur Arifin putri
  • Hafizh Karima Ghulham Azka
  • Bahrul Munir Maali

Kata Kunci:

Pembelajaran , pendekatan, bermain, bahasa arab

Abstrak

Pembelajaran bahasa Arab terus menghadapi tantangan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengembangan materi ajar bahasa Arab yang interaktif dengan pendekatan bermain sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Pendekatan bermain dipilih karena potensinya dalam meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat motivasi belajar, dan memfasilitasi pembelajaran yang berarti. Penelitian ini melibatkan desain penelitian kualitatif yang mencakup tahap analisis kebutuhan siswa, pengembangan materi ajar, dan implementasi di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan materi ajar bahasa Arab interaktif dengan pendekatan bermain secara signifikan meningkatkan kemampuan berbahasa siswa, terutama dalam hal keterampilan mendengarkan, berbicara, dan berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan pendekatan bermain dalam pembelajaran bahasa Arab dapat menjadi strategi efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Penelitian ini juga memberikan kontribusi pada literatur tentang pengembangan materi ajar bahasa Arab dan memberikan arahan bagi pengembangan kurikulum yang lebih inovatif dan adaptif

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-02