Pembelajaran Tata Bahasa Arab dalam Kitab Al-Jurumiyah karya Imam Shonhaji

Penulis

  • Arif Muzayin Shofwan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Rina Insani Setyowati Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Indonesia
  • Choirul Hidayah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Indonesia
  • Agus Adam Malik Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Indonesia

Kata Kunci:

Pembelajaran, Tata Bahasa Arab, Kitab Al-Jurumiyah

Abstrak

Pembalajaran Tata Bahasa Arab di pesantren maupun madrasah diniyah untuk tingkat pemula biasanya menggunakan Kitab Al-Jurumiyah karya Syaikh Abu Abdillah bin Daud As-Shonhaji. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan ini menggali tentang isi dari kitab tersebut. Analisa datanya menggunakan analisis isi dengan memilah-milah data yang sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini menghasilkan beberapa hal beriku. Pertama, bahwa Kitab Al-Jurumiyah merupakan sebuah kitab untuk pemula bagi peserta didik yang ingin mempelajari tata Bahasa Arab. Biasanya kitab tersebut digunakan di pesantren-pesantren maupun madrasah diniyah, terutama untuk madrasah diniyah kelas pemula. Kedua, kitab tersebut menuturkan 27 bab, antara lain: kalam, i’rab, tanda-tanda i’rab, macam kalimat fiil, isim-isim yang dirafa’kan, fa’il, maf’ul yang tidak disebut fa’ilnya, mubtada’ dan khabar, amil-amil yang masuk pada mubtada’ dan khabar, na’at, isim makrifat, isim nakirah, athaf, taukid, badal, isim-isim yang dibaca nashab, maf’ul bih, mashdar, dzaraf zaman, hal, tamyiz, istitsna’, isim nakirah tanpa tanwin dengan syarat isim nakirahnya muttasil, dan lafadz laa tidak berulang-ulang, munada, maf’ul min ajlihi, maf’ul ma’ah, dan lafadz-lafadz yang dijarkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-12-18