Penggunaan Metode Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran KosaKata Bahasa Arab

Penulis

  • Novina Inka Universitas Islam Negeri Mataram
  • Suparmanto Suparmanto Universitas Islam Negeri Mataram https://orcid.org/0000-0002-1719-0766
  • Syamsul Ma’arif Universitas Islam Negeri Mataram
  • Vivi Nurhidayati Universitas Islam Negeri Mataram
  • Mujiburrahman Mujiburrahman Universitas Islam Negeri Mataram

Kata Kunci:

Evaluasi, Kahoot, Kosakata bahasa Arab

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Kahoot sebagai media evaluasi dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Kahoot adalah platform pembelajaran berbasis game yang memungkinkan guru membuat kuis interaktif, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptf kualitatif dengan pengambilan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pembelajaran bahasa Arab khususnya kemampuan menghafal mufrodat atau kosakata siswi kelas VIII B ITTIHAAD AL-UMAM masih dinilai kurang efektif karena kurangnya proses evaluasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan Kahoot sebagai media evaluasi tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Arab, tetapi juga dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-06-06