PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK-ANAK (Penerapan Metode Menyanyi dalam Menghafal Mufradat di Diniyah Takmiliyah Awaliah Irsyadul Ibad)

Authors

  • Dasep Bayu Ahyar STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia
  • Moh. Yandi Ramdhani STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia
  • Umnah STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia
  • Riyan Haqi Khoerul Anwar STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia
  • Dadang Saputra STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran, Bahasa Arab, Mufradat, Metode Bernyanyi

Abstract

Penelitian ini dibentuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Maka penelitian ini berfokus pada penelitian tindakan yang terjadi di kelas dengan tahapan pelaksanaan meliputi tahap perencanaan, tindakan, obsevrasi dan refleksi. Pokok permasalahan PTK ini meliputi bagaimana meingkatkan penguasaan mufradat peserta didik di kelas IV DTA Irsyadul Ibad Margaluyu Kiarapedes. Penelitian ini berlokasi di DTA Irsyadul Ibad Margaluyu Kiarapedes kelas IV dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pendekatan partisipasif dan tes. Selanjutnya data yang diperoleh dengan teknik statistik sederhana. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa peningkatan penguasaan mufradat peserta didik terlihat dari semula persentasen sebelum tindakan didapat 78,75, siklus I didapat 80,7, siklus II didapat 82,05 dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai rata-rata atau hasil belajar peserta didik kelas IV DTA Irsyadul Ibad mengalami peningkatan dengan kriteria cukup baik, hal tersebut mengidentifikasikan bahwa pembelajaran Bahasa Arab dengan tema : “Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak-Anak : Penerapan Metode Menyanyi dalam Menghafal Mufrodat di kelas IV Diniyah Takmiliyah Awaliah Irsyadul Ibad” dinyatakan telah berhasil.

Published

2024-06-06

Issue

Section

Artikel