ANALISIS FUNGSI ADMINISTRASI PENDIDIK DAN TENDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SDIT INSAN CERMAT

Penulis

  • Ende Widiyana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ahmad Saeful Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Kata Kunci:

Administrasi pendidikan, pendidik, tendik, mutu pendidikan

Abstrak

Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk menjelaskan bagaimana SDIT Insan Cermat menerapkan fungsi adaministrasi pendidik dan tenaga kependidikan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kualitatif. Melalui penelitian ini didapatkan hasil bahwa dalam menetapkan fungsi administrasi dan tenaga kependidikan di SDIT Insan Cermat telah disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku Indonesia. Tujuan penerapannya ialah agar mutu pendidikan dapat meningkat, ilmu pengetahuan dapat dikembangkan lebih luas, serta pendidik maupun anak didik dapat mendidik dapat mengabdi pada masyarakat. Terdapat enam komponen dalam melaksanakan fungsi administrasi pendidik dan kependidikan yaitu pendidk dan tenaga pendidik telah merencanakan metode dalam pengajaran, kompensasi, orientasi, serta mengawasi dan memberikan penilaian hingga melakukan pemberhentian. Dengan adanya fungsi administrasi pendidik dan tenaga pendidik telah membuat SDIT Insan Cermat kekurangan staff karena untuk mencapai standar nasional pedidikan, kepala sekolah perlu merekrut tenaga pendidik yang linear dengan pendidikan yang akan diajarkan.

Diterbitkan

2023-12-29