Pengaruh Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap Efisiensi Pembelajaran

Penulis

  • Triska Riyanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mulyawan Safwandy Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Manajemen, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Efektifitas Pembelajaran

Abstrak

Regulasi baru terkait penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan peningkatan jumlah siswa baru melebihi alokasi anggaran sering menimbulkan tantangan. Keadaan ini membuat anggaran BOS dianggap kurang memadai, terutama dengan dana pemerintah yang terbatas. Sekolah mengalami kesulitan dalam mengelola dana, berdampak negatif pada efektivitas pembelajaran. Penelitian kuantitatif ini menerapkan uji instrumen, analisis parsial perindikator, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil menunjukkan Manajemen Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) berada pada rentang 2,60-3,39 (rata-rata 3,25), termasuk kategori sedang/cukup. Efektivitas pembelajaran mendapat nilai rata-rata 3,34, termasuk kategori sedang/cukup. Terdapat pengaruh signifikan antara manajemen dana BOS terhadap efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah swasta se-Kabupaten Bandung. Koefisien determinasi menunjukkan 32,6%, menandakan faktor lain memengaruhi. Kesimpulannya, efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Swata se-Kabupaten Bandung termasuk kategori baik. Manajemen dana BOS dianggap baik dengan memperhatikan aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengevaluasiannya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-12