IMPLEMENTASI EMIS 4.0 DALAM MENGELOLA DATA LEMBAGA DI PONDOK PESANTREN AL-MUSYAHADAH “RUMAH CERDAS INDONESIA”

Penulis

  • Wisnu Uriawan Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sopi Alfi Sahriatun Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Nizar Fahmi Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

EMIS 4.0, Pesantren, Pengelolaan Data, Teknologi Informasi, Sistem Informasi Manajemen

Abstrak

Penelitian ini mengkaji implementasi Education Management Information System (EMIS) 4.0 di Pondok Pesantren Al-Musyahadah “Rumah Cerdas Indonesia” sebagai upaya modernisasi pengelolaan data lembaga. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan EMIS 4.0 memungkinkan integrasi data, meningkatkan efisiensi operasional, dan mendukung akuntabilitas lembaga, baik kepada publik maupun pemerintah. Namun, penelitian juga menemukan beberapa tantangan, seperti gangguan server, keterbatasan kompetensi teknis operator, serta resistensi terhadap perubahan budaya kerja. Meski demikian, dukungan teknis dan kebijakan yang tepat dapat mengoptimalkan pemanfaatan EMIS 4.0. Studi ini memberikan wawasan praktis bagi pengelola pesantren dan lembaga pendidikan Islam lainnya dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk pengelolaan data berbasis nilai-nilai keislaman.

Unduhan

Diterbitkan

27-06-2025