INOVASI PERENCANAAN SUMBER PEMBIAYAAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI SMPIT BANI UMAR ARJASARI)

Penulis

  • Yadi Suryadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Muhammad Miqdad Arromy UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Jaja Jahari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mohamad Erihadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Kata Kunci:

Manajemen Pendidikan Islam, Pembiayaan Pendidikan Islam, Wakaf Produktif.

Abstrak

Pembiayaan pendidikan pada dasarnya menitikberatkan pada upaya pendistribusian benefit pendidikan dan beban yang harus ditanggung masyarakat. Biaya adalah sejumlah nilai uang yang dibelanjakan atau jasa pelayanan yang diserahkan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Perencanaan pembiayaan pendidikan yang bernuansa Islam. Penelitian ini difokuskan pada Inovasi Perencanaan Pembiayaan Pendidikan berbasis wakaf Produktif di SMPIT Bani Umar Arjasari. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif berbasis studi deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan member crosscheck. Hasil Penelitian ini menunjukan adanya Inovasi dalam Perencanaan Pembiayaan Pendidikan Islam di SMPIT Bani Umar diantaranya: Program Gerakan 50.000 tangan peduli pendidikan Yatim dan Dhuafa, Gerakan infaq dawan “One day One Thousand”, Gerakan Usaha bersama berbasis syari’ah, Wakaf Jama’i, Program kemitraan QRIS DPU Daarut Tauhid dan Program Investasi Pendidikan.

Diterbitkan

2024-06-27