Efektifitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Balok Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spasial Anak Usia Dini Di KB Ar-Rahmah Karangboyo
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan balok dalam meningkatkan kecerdasan spasial anak usia dini di KB Ar-Rahmah Karangboyo. Menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran berbasis balok mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep ruang, bentuk, ukuran, dan posisi. Anak-anak yang rutin menggunakan balok menunjukkan perkembangan spasial yang lebih signifikan dibandingkan dengan anak-anak yang tidak terlibat dalam permainan balok. Keberhasilan penggunaan balok dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kualitas media, pendampingan guru, frekuensi penggunaan, lingkungan belajar, dan interaksi teman sebaya. Dengan demikian, penggunaan balok sebagai media pembelajaran sangat efektif dalam mendukung perkembangan kecerdasan spasial anak usia dini.