Peran Pendidikan Karakter pada Peserta Didik
Abstrak
ABSTRAK:
Pendidikan karakter telah menjadi perhatian utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan remaja. Salah satu aspek penting dalam pembentukan karakter adalah kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan karakter dalam meningkatkan kepercayaan diri Peserta Didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan sejumlah remaja serta pengamatan terhadap proses pendidikan karakter di sebuah sekolah menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Pendidikan karakter membantu peserta didik mengembangkan nilai-nilai seperti kejujuran, rasa tanggung jawab, empati, dan integritas. Dengan memiliki nilai- nilai tersebut, peserta didik menjadi lebih yakin dalam menghadapi berbagai situasi dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kepercayaan Diri, Peserta Didik.
ABSTRACT:
Character education has become a major concern in efforts to improve the quality of adolescent education. One important aspect in character building is self-confidence. This research aims to examine the role of character education in increasing students' self-confidence. This research uses a qualitative research method with a case study approach. Data was collected through in-depth interviews with a number of teenagers as well as observations of the character education process in a secondary school. The research results show that character education has a significant role in increasing students' self-confidence. Character education helps students develop values such as honesty, a sense of responsibility, empathy and integrity. By having these values, students become more confident in facing various situations and challenges in everyday life.
Keywords: Character Education, Self-Confidence, Students.