STRATEGI KOLABORATIF DALAM MEMPERKUAT PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI PAUD NURUL HIDAYAH

Penulis

  • Moh. Yandi Ramdhani STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia
  • Dasep Bayu Ahyar STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia
  • Umnah STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia
  • Zaenur Ropiq STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia
  • Asep Rahman Sudarajat STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Peran Orang Tua, Bahasa Arab, Anak Usia Dini, Strategi Kolaboratif-Kreatif, Generasi Berkarakter Islami

Abstrak

Peran orang tua sangat penting dalam pendidikan anak usia dini, terutama dalam menanamkan nilai-nilai bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kolaboratif-kreatif dalam membangun generasi berkarakter Islami melalui penguatan peran orang tua dalam pendidikan bahasa Arab di PAUD Nurul Hidayah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan peran orang tua dalam pendidikan bahasa Arab anak usia dini di PAUD Nurul Hidayah dilakukan melalui strategi kolaboratif-kreatif, yaitu: Menciptakan lingkungan berbahasa Arab di rumah melalui pembiasaan penggunaan bahasa Arab dalam aktivitas sehari-hari, Melibatkan orang tua dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di sekolah, seperti program parenting dan workshop, Mengembangkan kreativitas orang tua dalam membuat media pembelajaran bahasa Arab yang menarik bagi anak, dan Membangun komunikasi yang efektif antara orang tua dan guru dalam memantau perkembangan bahasa Arab anak. Strategi kolaboratif-kreatif ini terbukti efektif dalam membangun generasi berkarakter Islami melalui penguatan peran orang tua dalam pendidikan bahasa Arab anak usia dini di PAUD Nurul Hidayah.

Diterbitkan

2023-07-03

Terbitan

Bagian

Artikel